Entri yang Diunggulkan

Penataan Kota Kecamatan Wangon & Kemungkinan Perluasan Urban

Wangon adalah sebuah kota kecamatan yang lokasinya cukup strategis karena menjadi persilangan jalur utama lalu lintas di jalur selatan...

Rabu, 31 Agustus 2016

Aplikasi Si-Amin Tampung Dokumen Digital

suaramerdeka.com
Untuk meningkatkan mutu pendidikan Perguruan Tinggi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto mendiseminasikan aplikasi Sistem Informasi Audit Mutu Internal (Si-Amin) di Gedung Rektorat lantai 4, pekan lalu.
Hadir dalam peluncuran aplikasi Si-Amin Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, dan seluruh Kaprodi di lingkup IAIN Purwokerto. Rektor IAIN Dr Luthfi Hamidi Mag mengatakan, aplikasi ini sangat menarik karena belum diterapkan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang lain.
”Kita siap untuk sedekah aplikasi ini ke beberapa PTKIN yang membutuhkan. Konon, sudah ada 22 PTKIN yang tertarik dengan aplikasi ini,” ungkapnya. Dijelaskan, sistem aplikasi Si- Amin IAIN Purwokerto tercipta berkat kerja sama antara Lembaga Penjaminan Mutu dengan Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Unit TIPD) IAIN Purwokerto.
Sesuai dengan UU Dikti No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang menekankan bahwa penyelenggaraan pendidikan disimpan dalam pangkalan data masing-masing perguruan tinggi sebagai kegiatan untuk mengukur standar antara penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PPEPP).
Menurut Rektor, aplikasi ini dirancang untuk menampung dokumen-dokumen yang ada di program studi dalam bentuk digital. Selama ini, dokumen dalam bentuk cetak sering hilang dan rusak. Dengan adanya aplikasi Si- Amin ini diharapkan kegiatan pembelajaran tidak lagi dipusingkan oleh dokumen. Semua serba jelas dan transparan dengan terupload dalam aplikasi ini.
Audit Mutu Internal
Ketua Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Dr Suwito MAg mengatakan aplikasi ini hanya awal saja. Ke depan masih membutuhkan beberapa aplikasi lain yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Aplikasi Si-Amin ini digunakan untuk audit mutu internal yang juga bisa digunakan untuk audit mutu eksternal.
Aplikasi ini memuat data program studi, data dosen secara lengkap, instrumen penilaian untuk prodi dari standar 1 hingga standar 7, dan ada rekap penilaiannya. ‘’Bahkan, aplikasi ini dilengkapi dengan simulasi penilaian yang menjadikan kita bisa mengakses pencapaian mutu program studi,’’katanya.
Suwito menjelaskan, keberadaan dari aplikasi ini dipersiapkan untuk evaluasi kinerja program strudi untuk lebih terukur melalui ketersediaan data dalam pelayanan pendidikan sesuai dengan visi, misi, dan mandat IAIN Purwokerto.
Sistem dan mekanisme kerja dilakukan melalui partisipasi menyeluruh sumber daya yang terorganiasi dalam tata kelola yang profesional dan terukur. Adanya aplikasi Si-Amin akan memudahkan audit untuk memeriksa kesesuaian dan ketidaksesuaian sistem mutu dengan standar yang telah ditentukan.
‘’Oleh karena itu, prinsip kebaruan, tepat waktu, akurasi, dan akuntabilitas dapat diterapkan dengan baik,’’ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar