Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 31 Agustus 2016

Tiparkidul Diberi Bantuan Pompa dan Embung

suaramerdeka.com
Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian segera merealisasikan bantuan 12 unit pompa air dan embung air untuk para petani di Desa Tiparkidul, Kecamatan Ajibarang.
Pasalnya, meski menjadi desa tempat lokasi Bendung Tajum, namun petani setempat tak bisa memanfaatkan bendung besar tersebut. Bantuan ini sekaligus untuk menjawab persoalan kesulitan air pertanian tadah hujan desa setempat.
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Sumarjo Gatot Irianto menyatakan, persyaratan kepada petani penerima bantuan untuk dapat menjual hasil panen padinya kepada Bulog setempat. ├ČJangan dijual ke tengkulak. Karena itu, kami minta Dandim dan Danramil turut mengawasi hal ini,” pesannya saat kunjungan dan dialog bersama kelompok tani di Balai Desa Tiparkidul, Ajibarang, Minggu (29/8).
Untuk wilayah Tiparkidul, selain akan menerima pompa air bantuan dari Dirjen PSP Kementerian Pertanian, juga akan mendapatkan embung. Embung tersebut rencananya akan dibangun di wilayah Grumbul Serang yang selalu mengalami krisis air ketika kemarau tiba.
Andalkan Hujan
Dijelaskan lebih rinci, Kepala Desa Tiparkidul, Riyanto mengatakan, selama ini mayoritas petani dari tujuh kelompok tani di desa setempat hanya mengandalkan musim hujan sebagai waktu tanam padi mereka.
Lokasi Bendung Tajum yang lebih rendah daripada lahan pertanian di desa setempat membuat petani tak bisa menikmati prasarana irigasi yang mengaliri 3200 hektar sawah di Kecamatan Wangon, Jatilawang dan Rawalo tersebut. “Akibatnya petani kami harus menaikan air dengan pompa air. harus dengan pompa air. Padahal bantuan pompa air baru ada dua unit.
Akibatnya banyak petani yang harus menyewa dengan biaya mahal bensin tak bersubsidi sekaligus harus antre bergantian. Dengan demikian sangat memakan waktu dan biaya,” katanya. Ia menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pertanian yang akan memberikan bantuan pompa air dan embung kepada petani Desa Tiparkidul dalam waktu dekat ini.
Ia berharap dengan pompa air ini maka petani tak kesulitan lagi menyedot air ketika kemarau tiba. Sementara wilayah persawahan di bagian barat ini terutama Grumbul Serang dapat mengatasi persoalan air di wilayah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar