Entri yang Diunggulkan

Penataan Kota Kecamatan Wangon & Kemungkinan Perluasan Urban

Wangon adalah sebuah kota kecamatan yang lokasinya cukup strategis karena menjadi persilangan jalur utama lalu lintas di jalur selatan...

Senin, 29 Agustus 2016

Embung Desa Dawuhan Antisipasi Kemarau

suaramerdeka.com
Pembangunan embung di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas telah dimulai pekan ini. Embung tersebut nantinya akan dimanfaatkan warga di empat desa, yakni Dawuhan, Kalisube, Pasinggangan dan Papringan.
Kepala Desa Dawuhan, Titik Badriyah, mengemukakan pembangunan embung merupakan usulan dari warga. Hal itu untuk mengairi area persawahan, khususnya pada saat musim kemarau.
Pasalnya debit air pada saat musim kemarau akan berkurang drastis. “Warga yang menginginkan adanya tempat penampungan air untuk mengairi area persawahan†bila musim kemarau tiba. Usulan warga tersebut diteruskan ke Dinas Pertanian dan mendapat respon yang positif,” katanya, kemarin.
Selain untuk mengairi area persawahan, menurut dia, embung itu juga dapat dimanfaatkan warga pada saat musim kemarau. Menurut rencana embung tersebut juga akan dimanfaatkan untuk pengembangan budi daya air tawar. Embung tersebut memiliki volume 16 x15 x 3 yang digunakan untuk menampung air dari Sungai Serayu.
Air dari SUngai Serayu disedot menggunakan pompa dan disalurkan menggunakan pipa sepanjang 800 meter menuju embung. Keberadan embung itu diperkirakan dapat mengaliri area persawahan seluas 200 hektare yang ada di empat desa. “Pembangunan embung ini melibatkan masyarakat dan TNI.
Semoga ke depan keberadaannya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dia. Sementara itu, Danramil 07 Banyumas Kapten Inf†Rabun, mengatakan menurunkan anggota TNI dari Kodim 0701 Banyumas sebanyak satu peleton (35 orang). Mereka akan membantu masyarakat dalam proses pembuatan embung.
“Pembuatan Saluran Pipa sepanjang 800 meter dari Sungai Serayu hingga lokasi embung juga sudah mulai dikerjakan oleh masyarakat dan anggota Kodim 0701 Banyumas. Pengerjaan saluran pipa ini memakan waktu sekitar tiga hari,” jelas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar