Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 29 Agustus 2016

Potensi Aren Belum Digarap Optimal

suaramerdeka.com
Pohon aren potensial untuk dikembangkan, karena memiliki nilai ekonomi dan mampu menghasilkan komoditas pangan olahan.
Namun, potensi aren belum digarap optimal. Ketua Bidang Promosi dan Kemitraan Asosiasi Aren Indonesia (AAI), Pujiyono, mengatakan hal itu saat sosialisasi dan konsolidasi AAI Provinsi Jateng di Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Minggu (28/8).
Menurutnya, pohon nira mampu menghasilkan beberapa produk, seperti gula aren, kolangkaling, serta ijuk pohon aren yang dapat dimanfaatkan untuk produk sapu lantai. ”Kami mendorong masyarakat di Jawa Tengah memanfaatkan pohon aren untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setelah itu, kami mencoba melakukan gerakan penanaman pohon aren,” katanya.
Pola Kemitraan
Pujiyono mengatakan, setelah deklarasi AAI Jawa Tengah akan dikembangkan pola kemitraan, kemudian diarahkan untuk membentuk koperasi. ”Kami juga akan memberikan edukasi kepada para petani untuk meningkatkan kualitas SDM, serta menerapkan teknologi tepat guna,” terangnya.
Dalam penerapan teknologi tepat guna, AAI menggandeng perguruan tinggi. Harapannya, agar produksi nira aren milik petani lebih berkualitas sehingga memiliki daya saing produk di pasar domestik. Ketua AAI Andi Lukman menambahkan, asosiasi ini sebagai wadah perjuangan para petani aren dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
”Selain memiliki nilai ekonomi, pohon aren dapat dimanfaatkan sebagai tanaman untuk konservasi lingkungan. Jadi, pohon aren perlu dikembangkan karena manfaatnya besar,” katanya.
Melalui asosiasi ini, kata dia, pihaknya akan menggali potensi aren dari hulu sampai hilir. Para petani juga akan diedukasi tentang pengelolaan sebagai sumber pendapatan masyarakat. ”Kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai aren dan produk olahan dari pohon aren,” katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar