Langsung ke konten utama

Tiparkidul Dorong Warga Pilah dan Kelola Sampah

suaramerdeka.com
 Pemerintah Desa Tiparkidul Kecamatan Ajibarang saat ini sedang merintis dan mendorong warganya untuk memilih, memilah dan mengelola sampah di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini penting agar sampah tak selalu menjadi masalah bagi masyarakat dan lingkungan.
Kepala Desa Tiparkidul, Riyanto mengatakan langkah penanganan sampah dari rumah tangga ini dinilai mendesak dilaksanakan karena ribuan warga dari 62 RTdi desa setempat dipastikan menjadi produsen sampah tiap hari.
Tanpa penanganan dan pengelolaan yang tepat, sampah hanya akan menjadi sumber penyakit. Makanya pemilahan sampah mulai dilaksanakan agar sampah juga punya nilai guna dan nilai ekonomi. “Saat ini di lingkungan sejumlah RW telah terdapat tempat sampah organik dan nonorganik.
Dari lingkungan RT-RWyang ada inilah edukasi tentang sampah dan pemanfaatannya dilaksanakan termasuk untuk pupuk tanaman apotik hidup hingga pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan,” kata Riyanto yang mendorong warganya turut mempersiapkan Tiparkidul sebagai wakil Kecamatan Ajibarang dalam lomba Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan (K3) tingkat Banyumas.
Sementara itu untuk sampahsampah plastik yang layak jual atau daur ulang, kata Riyanto, warga bisa langsung menjualnya kepada pengepul barang-barang rongsok. Apalagi di sejumlah RTRWdi desa setempat, ada sejumlah warga yang berusaha di bidang barang rongsok. Sampahsampah plastik ataupun logam yang layak jual, maka bisa langsung dijual kepada pengepul.
“Harapannya jelang momen peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-71 ini nantinya, kesadarana masyarakat akan semakin tergugah dan pengelolaan sampah ini bisa mengarah kepada bank sampah. Dengan demikian meski Tiparkidul menjadi lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah, namun tidak teledor dalam mengelola sampah,” jelasnya.
Terwujudnya K3
Ketua RT1 RW4 Desa Tiparkidul, Suyati mendukung pemerintah desa yang mendorong warganya untuk sadar akan pentingnya K3 di lingkungan masingmasing. kebersihan, ketertiban lingkungan. Selain tempat sampah organik dan anorganik, dengan swadaya warga, pihaknya juga telah membangun dan mengelola pos ronda di lingkungan setempat sebagai pusat keamanan lingkungan.
“Untuk tempat sampah, kami bersyukur karena kami dapat memperoleh bantuan drum bekas dari perusahaan kayu di desa kami dan kami sulap menjadi tempat sampah. Sementara untuk pos ronda kami juga lengkapi dengan berbagai kebutuhan bagi peronda dan warga, baik itu air minum hingga televisi,” jelasnya.
Untuk keamanan lingkungan setempat, kata Ketua RT perempuan tersebut, tiap malam dijadwalkan tujuh orang warga. Seorang warga berjaga di pos ronda sementara enam orang lain berkeliling di 59 rumah yang ada di lingkungan setempat.
Berkat kesigapan dari warga dan para peronda, pekan lalu, aksi pencurian kabel telekomunikasi berhasil digagalkan. “Selasa malam pekan lalu, warga berhasil menggagalkan aksi pencurian kabel telkom yang ada di tepi jalan raya Ajibarang- Wangon.
Setelah itu kami langsung lapor ke polisi dan gulungan kabel besar yang siap diangkut oleh kawanan pencuri itu berhasil diselamatkan,” katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…