Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 25 Agustus 2016

Warga Banyumas Upacara Bendera Nyemplung di Sungai

Ini berita lama, tapi momen belum ketinggal, barangkali info di twiter adalah berita terbaru. Ini patut di contoh sebagai wujud nyata peduli sungai. 


Upacara di Sungai. Upacara ini dilakuin sama warga desa kedungmalang, banyumas hebattt.


credit to tribunjateng


TRIBUNJATENG.COM
 BANYUMAS - Ratusan warga Dusun/Desa Kedungmalang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas turut serta memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan menggelar upacara bendera. Uniknya, upacara itu tidak digelar di darat, melainkan di sungai Pelus yang melintang di sepanjang desa tersebut.
Upacara Bendera dimulai pada pukul 10.00 yang diikuti ratusan warga Desa Kedungmalang, mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa.
Dalam prosesi upacara bendera itu, seluruh peserta yang ikut berbaris rapi di tepian sungai Pelus. Bahkan ada juga warga yang nyemplung berada di dalam sungai. Beberapa warga diantaranya juga membawa jeriken, kentongan, dan botol plastik yang nantinya dipergunakan untuk memberikan instrumen musik pada prosesi upacara bendera yang dilakukan.
Selain itu, dalam upacara bendera ini warga Desa Kedungmalang telah membuat dua buah kapal kecil dan bendera sepanjang 20 meter yang digunakan dalam prosesi upacara.
Layaknya upacara bendera pada umumnya, terdapat satu orang pemimpin upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan UUD 1945, pembacaan Doa dan pembacaan amanah upacara Bendera 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan RI.
Kepala Dusun Kedungmalang, Rudi Ruswanto mengatakan, bahwa kegiatan upacara bendera yang diikuti seluruh warga Desa Kedungmalang dalam rangka memperingati HUT RI ke 69.
"Kami segenap warga Desa Kedungmalang ikut menggelar upacara bendera ini, untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dan rela demi memperjuangkan kemerdekaan RI dimasa lampai. Dan juga, kami ingin menunjukan bahwa warga masyarakat Desa Kedungmalang sangat mencintai Tanah Air Indonesia," ujar Rudi Ruswanto usai upacara bendera, Minggu (17/8/2014).
Dalam upacara tersebut, kata dia, warga mengibarkan bendera merah putih raksasa yang dibentangkan di atas sungai Pelus dengan panjang 20 meter dan lebar 5 meter.
"Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada ratusan warga Desa Kedungmalang yang telah mengikuti upacara bendera ini dengan khidmat dan semua berjalan lancar. Padahal upacara bendera 17 agustus an ini baru pertama kali digelar dan mendapat respon positif dari warga," ungkapnya

Berendam di Sungai Pelus
Ibu-ibu Warga Banyumas Lakukan Upacara Bendera

Ratusan warga Desa Kedungmalang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumasmelaksanakan upacara bendera HUT ke 69 Kemerdekaan Indonesia, di Sungai Pelus yang melintang di sepanjang desa tersebut.
Upacara Bendera dimulai pada pukul 10.00 yang diikuti ratusan warga Desa Kedungmalang, mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa turut serta menjadi peserta upacara .  Dalam prosesi upacara bendera itu, peserta yang ikut berbaris rapih di sepanjang sungai Pelus dan ada juga yang berada di dalam sungai.
Bahkan, beberapa warga diantaranya juga membawa jeriken, kentongan, dan botol plastik yang nantinya dipergunakan untuk memberikan instrumen musik pada prosesi upacara bendera yang dilakukan.
Selain itu, dalam upacara bendera ini warga Desa Kedungmalang telah membuat dua buah kapal kecil dan bendera sepanjang 20 meter yang digunakan dalam prosesi upacara.
Layaknya upacara bendera pada umumnya, terdapat satu orang pemimpin upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Doa dan pembacaan amanah upacara Bendera 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan RI.
. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar