Langsung ke konten utama

Mimpi Banyumas punya "Madurodam"

Bolehkah saya mimpi atau berharap di Kabupaten Banyumas ada tempat wisata baru miniatur kota ? wow, keren jika yang ditampilkan miniatur kota - kota kecamatan di kabupaten ini. saya berharap bakal muncul miniatur kota seperti yang ada di netherland .....Mimpi Banyumas punya "Madurodam" begitu, minatur purwokerto & semua kota kecamatan di Banyumas yuk simak bacaan berikut.

Quote wikipedia:
Madurodam adalah sebuah kota miniatur yang terletak di ScheveningenDen HaagBelanda. Kota ini adalah model dari sebuah kota Belanda dalah skala 1:25, terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks seperti yang ditemukan di berbagai lokasi di negara tersebut. Tempat kunjungan wisata ini dibangun pada 1952 dan telah dikunjungi oleh puluhan juta orang sejak saat itu. Kota ini dinamai menurut George Maduro, seorang Mahasiswa hukum Yahudi dari Curaçao yang meninggal di kamp konsentrasi Dachau pada1945 dan orangtuanya menyumbangkan uang untuk memulai proyek Madurodam.
Pada 2 Juli 1952, putri Beatrix yang masih belia ditunjuk menjadi wali kota Madurodam, dan kemudian tur keliling kota itu. Ketika Beatrix menjadi ratu Belanda, ia turun jabatan. Saat ini wali kota Madurodam dipilih oleh sebuah lembaga pemuda di kota itu yang terdiri dari 25 siswa-siswi dari daerah tersebut.

Quote Christie Damayanti:

 Pintu masuk 'New Madurodam'. Ini jam 7.00 malam lho, masih seperti jam 2.00 siang saja ....., dengan langit biru dan matahari bersinar cerah ..... Sore menjelang malam sekitar jam 6.00 PM, kami diantar ke Madurodam. Sebuah kawasan bermain, seperti 'theme park', atau 'miniature park' yang cukup terkenal di dunia, menyajikan bangunan2 dan arsitektur Belanda. Sangat detail dan mengwsankan! Karena detail2 klasik itu tidak hanya cantik, tetapi sangat sulit membuatnya. Tetapi Madurodam sangat teliti mempresentasikannya, sebagai  'miniatur park' kebanggaan Belanda. Madurodam adalah sebuah 'miniatur park' dikawasan Scheveningen Den Haag ( The Hague ) dengan perbandingan 1 : 25, cukup besar. Dibuka tahun 1952 dan tahun 2012.  Lalu, Madurodam merayakan ulang tahunnya yang ke-60. Madurodam dinamai oleh George Maduro, seorang mahasiswa hukum Yahudi dari Curaçao yang melawan pasukan pendudukan Nazi sebagai anggota perlawanan Belanda dan meninggal di kamp konsentrasi Dachau pada 1945. Pada tahun 1946 Maduro secara anumerta dianugerahi Medali 'Knight 4' dari militer Kerajaan Orange,  militer tertinggi dan tertua di Kerajaan Belanda, untuk keberaniannya telah menunjukkan dalam Pertempuran Belanda melawan pasukan Jerman. Cerita salah satu penjaga disana, tahun 2011 - 2012 lalu, Madurodam tertutup untuk umum karea renovasi, untuk merayakan ulang tahunnya. Banyak aspek2 baru untuk 'New Madurodam', salah satunya adalah permainan 'light show'pada malam hari, tapi saying agak susah menunggu karena di musim panas, matahari masih bersinar sampai jam 12.00 malam dan Madurodakm sendiri tutup jam 10.00 malam. Pada tanggal 7 April 2012 Madurodam dibuka lagi untuk umum. Pembukaan resmi pada 21 April 2012 dengan mantan Ratu Beatrix. Ini yang ke-2 kalinya aku kesana. Untukku sendiri, presentasi bangunan2 beraraitektur dunia adalah salah satu yang sangat menarik. Beberapa kali aku ke 'miniature park' dunia, di Legoland di San Diego 2x ( lihat tulisanku 'Lego' : Dunia Konstruksi dalam Dunia Fantasi Bagi Anak-Anak ), di Window of the World Senzhen China 1x ( lihat tulisanku 'Windows of The World' di Senzhen : Melihat Landmark Kota-Kota Dunia ) dan di Madurodam ini 2x. Unik, menarik dan mampu mempresentasikan negeri, budaya dan arsitektur secara bersamaan, yang pasti akan membanggakan. Sepertinya, Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) mampu menjadi daerah wisata kebanggan bangsa. Dengan di fasilitasi fasilitas2 wisata yang kompeten serta si bangun dengan manajemen wisata dunia, aku sangat yakin bahwa TMII bisa menjangkau wisatawan2 dunia, seperti Legoland, Window of the World serta Madurodam. Sebuah 'miniature pake' Indonesia yang akan membawa nama dan kebanggaan Indonesia ....


1410420537731426580


14104209721279594985

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/christiesuharto/new-madurodam-di-the-hague-miniatur-park-kebanggaan-belanda_54f5d5c6a33311f64e8b46c7

Bandingkan dengan  Taman miniatur dunia, Baturraden!
Ayolah Banyumas bikin wahana wisata yang lebih baik !
Quote:
Originally Posted by waskitoady92 View Post


sumber: nanang_yulianto002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…