Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Rabu, 03 Agustus 2016

Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Purwokerto Siap Disosialisasikan



Radar Banyumas 
RABU, 3 AGUSTUS 2016 PURWOKERTO –
Akhirnya pembahasan Raperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kawasan (RDTRK) Perkotaan Purwokerto Tahun 2014-2034, menemui titik cerah. Pembahasan sudah masuk tahap finalisasi. Agustus ini, RDTRK akan muali disosialisasikan. Menurut Ketua Pansus RDTRK Perkotaan Purwokerto Tahun 2014-2034, Subagyo, Jumat (5/8) mendatang, Pansus RDTRK dan Dinas Cipta Karya, Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Banyumas bakal memasang peta RDTRK Purwokerto di beberapa titik. “Pemasangan peta itu dimaksudkan untuk sosialisasi sebelum nantinya dilakukan public hearing secara besar-besaran,” ujar Subagyo, usai rapat pembahasan, Selasa (2/8) kemarin. 



Subagyo menjelaskan, beberapa titik yang akan dipasang peta antara lain Alun-alun Purwokerto, Pendopo Si Panji, hingga Kantor DPRD Banyumas. Ukuran peta, nantinya diperkirakan mencapai 3×4 meter di masing-masing titik. “Untuk saat ini pembahasan sudah masuk tahap finalisasi. Sehingga perlu sosialisasi kepada masyarakat perkotaan Purwokerto,” jelasnya. Untuk gambaran peta, lanjut Subagyo, nantinya akan dipasang sekitar 10 peta di masing-masing titik, yaitu peta Perkotaan Purwokerto dan peta Sub Bagian Wilayah (SBW) dari SBW 1 sampai SBW 9. “Senin besok kita akan kembali menggelar rapat lanjutan untuk persiapan public hearing tahap akhir,” katanya. Dia menjelaskan, public hearing, sekaligus pemaparan peta RDTRK Purwokerto akan dilakukan pada Agustus ini. Meski demikian, untuk kepastian waktunya, Subagyo masih menunggu jadwal dari Bamus. “Public hearing rencananya akan dilakukan di Pendopo Si Panji. Kita akan mengundang seluruh stakeholder yang ada di lingkungan Perkotaan Purwokerto,” jelasnya. Subagyo berharap, pembahasan RDTRK dapat rampung pada tahun 2016 ini, sehingga sudah bisa ditetapkan akhir tahun mendatang. Seperti diketahui, pembahasan RDTRK Purwokerto sejauh ini sudah molor sekitar dua tahun. Berbagai kendala muncul berkaitan dengan penataan kota dan berbagai kepentingan yang menjadi bumbu pembahasan di tingkat pansus. “Kita akan terus upayakan secepatnya selesai. Karena pembahasannya memang sudah sampai sejauh ini,” pungkasnya. Sementara itu dalam sidang paripurna DPRD, Senin (1/8) kemarin, DPRD Banyumas dan Pemkab Banyumas menandatangani kesepakatan penetapan ketiga raperda menjadi perda. Ketiga raperda yang ditetapkan yaitu Raperda tentang Perpustakaan, Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, dan Raperda Penyertaan Modal Daerah BPR BKK Purwokerto. Dengan penetapan tersebut, sampai saat ini baru ada 9 raperda yang ditetapkan DPRD Banyumas, dari total 33 raperda yang masuk dalam properda. Kasubag Persidangan Setwan Banyumas, Kuswanto mengatakan saat ini dua raperda masih dalam pembahasan yaitu Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah pada Perusahaan Daerah BKK Kecamatan Purwokerto Selatan Tahun 2016 dan Raperda tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Satria Tahun 2017. “Untuk dua raperda itu sudah sampai pembentukan pansus karena baru kemarin disetujui untuk dibahas,” katanya. Dengan banyaknya raperda yang masih harus dibahas DPRD Banyumas, dia mengatakan untuk pembahasan sejumlah raperda lainnya akan dikebut pada masa sidang III mendatang (September-Desember). Meski demikian, beberapa raperda nantinya kemungkinan akan selesai pada masa sidang II ini. “Masa sidang II berakhir sampai akhir Agustus nanti. Jadi masih ada waktu untuk melakukan pembahasan sampai penetapan beberapa raperda lagi,” jelasnya.

Pansus Selesaikan Peta RDTRK


suaramerdeka
Pansus Raperda Rencana Detail Tata Ruang Kawasan (RDTRK) Perkotaan Purwokerto tahun 2014-2034 mulai terdengar kinerjanya.
Hasil pembahasan terakhir, pansus sudah menyepakati finalisasi terkait peta perkotaan Purwokerto. Peta tersebut bakal disosialisasikan di berbagai sudut ruang terbuka, guna mendapatkan respon dan masukan masyarakat. Ketua Pansus RDTRK Perkotaan Purwokerto, Subagio mengatakan, saat ini pembahasan sudah masuk tahap finalisasi.
Rencananya Jumat (5/8) besok, pihaknya bersama DCKKTR Banyumas bakal memasang peta RDTRK Purwokerto di beberapa titik. Pemasangan peta ini, kata dia, untuk sosialisasi awal ke masyarakat sebelum dilakukan public hearing secara besar-besaran di Pendapa Si Panji.
Pemkab Banyumas “Beberapa titik yang bakal dipajang peta RDTRK seperti alun-alun, Pendapa Si Panji, kantor DPRD dan tempat-tempat terbuka lain yang mudah di akses masyarakat luas,” kata wakil rakyat dari PDIP itu. Menurutnya, ada 10 peta yang akan dipasang di masing-masing titik, yaitu peta Perkotaan Purwokerto dan peta Sub Bagian Wilayah (SBW) dari SBW 1 sampai SBW 9.
Dengar Pendapat
“Senin besok kita akan kembali menggelar rapat lanjutan untuk persiapan public hearing tahap akhir,” katanya. Dia menjelaskan, dengar pendapat bakal dilaksanakan bulan ini. Ini sekaligus untuk pemaparan peta RDTRK Purwokerto. Peserta yang diundang dari semua unsur yang berkepentingan dan berkomptenen yang ada di lingkungan Perkotaan Purwokerto.
Dia berharap pembahasan RDTRK dapat tuntas pada tahun 2016 ini, sehingga sudah bisa ditetapkan hingga akhir tahun mendatang. Setelah ada perda tersebut, tidak lagi muncul penyimpangan aturan dan pelanggaran terkait masalah ketataruangan dan pemanfaatan lahan dan wilayah perkotaan. Sebagaimana diketahui, usulan raperda tersebut sudah masuk pada masa persidangan ketiga tahun 2014 lalu.
Hampir dua tahun dibahas dan sempat terjadi polemik dan tarik ulur, bahkan ada sebagai elemen masyarakat yang minta pansus dibubarkan diganti serta minta pertanggungjuawaban atas kinerja dan penggunaan anggaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...