Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Selasa, 09 Agustus 2016

Investasi Wisata Harus Untungkan Warga

suaramerdeka.com
Pemerintah Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok dan Desa Tumiyang Kecamatan Pekuncen berharap investasi wisata alam pedesaan dan budaya Karang Penginyongan, yang berlokasi di dua desa setempat dapat memberikan keuntungan bagi warga desa terdampak.
Kepala Desa Karangtengah, Rusdi Mulyanto mengatakan keberadaan investasi wisata yang kini masih dalam proses pembangunan diharapkan dapat memberikan manfaat langsung ataupun tak langsung.
Manfaat langsung keberadaan investasi ini antara lain terserapnya warga sebagai tenaga kerja saat proses hingga setelah wisata ini beroperasi. Selain itu diharapkan keberadaan wisata ini juga dapat mendorong peluang ekonomi lainnya.
“Kami berharap keberadaan wisata yang berlokasi di wilayah kami ini bisa berkontribusi untuk kemajuan dan kesejahteraan warga di wilayah ini. Dengan seperti itu maka diharapkan rasa ikut saling memiliki, peduli dan bertanggungjawab terhadap keberlangsungan wisata dan alam ini akan semakin erat,” katanya.
Dijelaskan Rusdi, sebagaimana di awal sosialisasi hingga pembangunan wisata alam yang berlokasi di dua desa ini, ia juga telah memberikan pandangan dan persyaratan bahwa wisata yang akan dibangun adalah wisata yang baik dan jauh dari maksiat. Hal ini penting karena keberadaan wisata ini pastilah akan berdampak pada perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat sekitarnya khususnya generasi muda.
Untuk itulah ia berharap nantinya kepada pengelola untuk bisa semakin baik dalam mengelola wisata berbasis alam dan budaya ini. “Apalagi wisata ini punya basis budaya warga Panginyongan yang mengedepankan kebaikan secara blakasuta, apa adanya. Jadi kami berharap keterbukaan dan kebaikan selalu diupayakan dalam pengembangan wisata ini nantinya,” jelasnya.
Jaga Kelestarian
Kepala Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Sugeng juga mengapresiasi adanya rintisan pengembangan wisata alam dan budaya di wilayah dua desa setempat. Ia berharap agar keberadaan wisata alam berbasis budaya ini juga semakin mendorong warga setempat untuk terus menjaga kelestarian alam dan budaya luhur warga setempat. Selain itu pula ia juga berharap keberadaan wisata ini juga memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan masyarakat desa.
“Kami juga berharap dengan adanya wisata ini maka banyak warga terinspirasi dan semakin terbuka melihat peluang ekonomi yang ada di sekitarnya. Kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan pihak pengelola wisata yang akan melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitar untuk saling bekerja sama dan saling menguntungkan,” katanya.
Pengelola Karang Panginyongan, Titut Edi Purwanto mengapresiasi sambutan baik dari masyarakat dan berbagai pihak yang terus mendukung terbangunnya kawasan wisata baru di wilayah perbatasan Cilongok-Pekuncen tersebut.
Diharapkan pengelola bersama warga bisa saling bekerja sama untuk memajukan lingkungan wisata dan juga warga setempat. Harapannya dengan berbagai kegiatan yang ada di dalam wisata, warga bisa mendukung dan berpartisipasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...