Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Membany...

Jumat, 14 Juli 2017

Produksi Batik Papringan Meningkat

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batik Pringmas Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, meningkatkan hasil produksi batik tulis untuk dipasarkan pada pameran produk di luar kota.
Wakil Ketua KUB Batik Prapringan, Iin Susiningsih, mengatakan, sekarang kelompok sedang fokus pada peningkatan produksi batik tulis biasa, batik cap, dan batik warna alam.
Pameran produk ini difasilitasi oleh Bank Indonesia Purwokerto. ”Sekarang kami sedang mempersiapkan kain batik yang akan dibawa pada pameran produk dalam waktu dekat ini,” katanya, kemarin. Kerajinan kain batik yang disiapkan, sambung dia, jumlahnya sekitar 500 lembar. Jumlah ini lebih banyak daripada persediaan pameran tahun lalu.
”Pada tahun lalu, pameran yang digelar Bank Indonesia selama dua hari laku 200 lembar, jadi sekarang persediaannya ditambah untuk mengantisipasi lonjakan permintaan,” tuturnya. Kain batik tulis yang banyak diproduksi adalah motif Banyumasan seperti wijaya kusuma, pring sedapur, sidamukti, sidaluhur dan babon angrem.
”Tapi kami juga tetap membawa batik kombinasi yang harganya terjangkau,” kata Iin. Adapun harga yang ditawarkan untuk batik tulis biasa mulai dari Rp 350 ribu per lembar, sedangkan batik tulis warna alam mulai Rp 700 ribu per lembar, menyusul batik kombinasi dan batik cap harganya Rp 115 ribu per lembar.
Lebih lanjut Iin mengatakan, selain rajin mengikuti berbagai pameran produk tingkat regional dan nasional, kelompok agresif menawarkan kepada instansi serta memasarkan produk secara online. ”Kami terus melakukan penertrasi pasar supaya omzet penjualan batik Papringan meningkat,” katanya.
sumber suara merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar