Langsung ke konten utama

Ikhtiar Mendongkrak Wisatawan di Banyumas Raya

 Catatan Pebemas Travel Mart 2017
TRAVEL Mart, bisa dibilang masih asing di telinga masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Perhimpunan Biro Perjalanan Wisata se eks Karesidenan Banyumas, memulai terobosan ini demi mendongkrak kunjungan wisatawan.
Selasa (25/7) malam, pemandangan tak biasa terlihat di areal Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto. Lebih dari 50 meja dan kursi makan berjajar rapi, beralas kain putih ala restoran. Sementara di bagian barat dan timur, deretan makanan dan minuman tradisional mulai dari gethuk, nopia, sate, dawet, hingga rames tersaji.
Sembari menanti acara dibuka, sejumlah seniman menari, menghibur para pengunjung yang merupakan anggota asosiasi biro perjalanan wisata dari barat dan timur Pulau Jawa serta Kalimantan. Konsep gala dinner di luar ruangan ini menjadi pembuka ramah tamah antarpeserta Pebemas Travel Mart dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas.
Setelah sebelumnya para biro perjalanan ini mengunjungi objek wisata di pesisir selatan Cilacap. Momentum ini sekaligus menjadi wahana untuk mengenalkan pelaku wisata di Banyumas dari berbagai bidang. Baik itu pemandu wisata, pengusaha batik, desainer, pengusaha kuliner, dan perhotelan.
”Saya pun rela berlenggak-lenggok di catwalk untuk mengenalkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Banyumas,” kata Ketua DPC HPI Banyumas, Heri Nursinto yang ikut mempromosikan kegiatannya kepada hadirin. Heri tak sendiri, sejumlah model memamerkan batik Banyumasan dengan berbagai desain yang unik. Para Duta Wisata Kakang Mbekayu Banyumas, juga ikut ambil bagian.
Paket Wisata
Ketua DPRD Banyumas, Juli Krisdianto mengatakan, kegiatan perdana yang digelar ini menjadi jembatan kerjasama promosi pariwisata antara Pemkab Banyumas dan pelaku wisata. Meski baru digelar perdana, namun animo peserta yang hadir bisa dibilang cukup sukses. Setelah gala dinner, kegiatan berlanjut dengan table top di Hotel Java Heritage, Rabu (26/7).
Sedikitnya 120 buyer dari kalangan biro wisata dan 60 seller dari kalangan pengusaha rumah makan, hotel, penyedia jasa transportasi dan objek wisata saling tawar menawar paket wisata. Ketua Panitia Pebemas Travel Mart, Siswo Uriliyanto optimistis, biro wisata dari luar daerah tertarik dengan paket yang ditawarkan oleh seller dari wilayah Banyumas Raya.
Antusiasme peserta ajang ini cukup tinggi sejak awal kegiatan. ”Pasti ada yang sudah deal. Nanti tinggal kita tunggu hasilnya,” kata dia. Menurut dia, event ini merupakan ikhtiar para pelaku wisata di wilayah eks Karesidenan Banyumas agar kunjungan wisatawan terdongkrak.
Ketua asosiasi pelaku wisata ”Pujawisata”, Sugeng Sejati mengakui, wilayah Banyumas Raya memiliki destinasi wisata yang cukup beragam dan bisa diunggulkan. Di bagian selatan terdapat pantai, sedangkan di utara terdapat gunung dan daerah tengah ada kota yang sedang berkembang.
sumber suara merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…