Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Jumat, 28 Juli 2017

Ikhtiar Mendongkrak Wisatawan di Banyumas Raya

 Catatan Pebemas Travel Mart 2017
TRAVEL Mart, bisa dibilang masih asing di telinga masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Perhimpunan Biro Perjalanan Wisata se eks Karesidenan Banyumas, memulai terobosan ini demi mendongkrak kunjungan wisatawan.
Selasa (25/7) malam, pemandangan tak biasa terlihat di areal Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto. Lebih dari 50 meja dan kursi makan berjajar rapi, beralas kain putih ala restoran. Sementara di bagian barat dan timur, deretan makanan dan minuman tradisional mulai dari gethuk, nopia, sate, dawet, hingga rames tersaji.
Sembari menanti acara dibuka, sejumlah seniman menari, menghibur para pengunjung yang merupakan anggota asosiasi biro perjalanan wisata dari barat dan timur Pulau Jawa serta Kalimantan. Konsep gala dinner di luar ruangan ini menjadi pembuka ramah tamah antarpeserta Pebemas Travel Mart dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas.
Setelah sebelumnya para biro perjalanan ini mengunjungi objek wisata di pesisir selatan Cilacap. Momentum ini sekaligus menjadi wahana untuk mengenalkan pelaku wisata di Banyumas dari berbagai bidang. Baik itu pemandu wisata, pengusaha batik, desainer, pengusaha kuliner, dan perhotelan.
”Saya pun rela berlenggak-lenggok di catwalk untuk mengenalkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Banyumas,” kata Ketua DPC HPI Banyumas, Heri Nursinto yang ikut mempromosikan kegiatannya kepada hadirin. Heri tak sendiri, sejumlah model memamerkan batik Banyumasan dengan berbagai desain yang unik. Para Duta Wisata Kakang Mbekayu Banyumas, juga ikut ambil bagian.
Paket Wisata
Ketua DPRD Banyumas, Juli Krisdianto mengatakan, kegiatan perdana yang digelar ini menjadi jembatan kerjasama promosi pariwisata antara Pemkab Banyumas dan pelaku wisata. Meski baru digelar perdana, namun animo peserta yang hadir bisa dibilang cukup sukses. Setelah gala dinner, kegiatan berlanjut dengan table top di Hotel Java Heritage, Rabu (26/7).
Sedikitnya 120 buyer dari kalangan biro wisata dan 60 seller dari kalangan pengusaha rumah makan, hotel, penyedia jasa transportasi dan objek wisata saling tawar menawar paket wisata. Ketua Panitia Pebemas Travel Mart, Siswo Uriliyanto optimistis, biro wisata dari luar daerah tertarik dengan paket yang ditawarkan oleh seller dari wilayah Banyumas Raya.
Antusiasme peserta ajang ini cukup tinggi sejak awal kegiatan. ”Pasti ada yang sudah deal. Nanti tinggal kita tunggu hasilnya,” kata dia. Menurut dia, event ini merupakan ikhtiar para pelaku wisata di wilayah eks Karesidenan Banyumas agar kunjungan wisatawan terdongkrak.
Ketua asosiasi pelaku wisata ”Pujawisata”, Sugeng Sejati mengakui, wilayah Banyumas Raya memiliki destinasi wisata yang cukup beragam dan bisa diunggulkan. Di bagian selatan terdapat pantai, sedangkan di utara terdapat gunung dan daerah tengah ada kota yang sedang berkembang.
sumber suara merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...