Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 30 Desember 2015

Watu Budug Meteorit di Windunegara Wangon


 Berpotensi Menjadi Objek Wisata 



Menurut cerita dari nenek moyang, dan ini merupakan cerita turun temurun yang sampai saat ini belum tahu kebenarannya tepatnya di desa Windunegara kecamatan Wangon kabupaten Banyumas propinsi Jawa Tengah ada yang namanya watu budhug, konon ceritanya ini adalah batu meteor yang jatuh dari langit mungkin ribuan tahun yang silam Namun belum ada pihak terkait yang melakukan penelitian, batu ini sangat besar berwarna hitam seperti ada tonjolan-tonjolan batu kecil di sekelilingnya, posisinya di tepi sawah antara percabangan kali glagah dan kali tajum, mungkin batu ini tertancap jauh ke dasar bumi dengan sebagian menyembul di permukaan bumi jujur sampai sekarang ini masih misteri akan kebenaran cerita tersebut, apakah benar benda langit atau bukan, karena sebagian orang2 dulu masih percaya bahkan menjadi legenda bagi masyarakat setempat.
( http://thewatubudhug.blogspot.co.id/2015/06/sisa-abu-meteor-yang-mendarat-di.html )

 Cerita serupa pernah saya dengar dari nenek waktu masih tinggal di  Tinggarjaya Jatilawang . katanya bulan jatuh dulu , maklum pengetahuan ilmiah masih di terbatas sehingga dikira bulan padahal meteor . tapi saat itu saya dengar tidak tahu dimana lokasi nya . dari situs itu jadi tahu Ternyata di kantor kali Tajum Tajum windunegara Wangon . Sebaiknya dilakukan penelitian dan bisa dimungkinkan dikelola menjadi objek wisata sehingga dikira bisa berdampak Secara ekonomi bagi masyarakat . dan Saya tidak yakin itu memang Meteorit karena kisahnya melegenda lintas wilayah bukan hanya masyarakat setempat yang tahu.

Saya  masih mencari referensi dan informasi serta jika ada kesempatan akan mendatangi lokasi nya. Seperti apa gerangan batu ini.

Semoga bisa di contoh, watu lintang Tambak lebih dulu diapresiasi


4 komentar:

  1. Balasan
    1. tidak punya kang, lokasi jauh jadi belum sempat motret langsung

      Hapus
  2. jere kakine aku eyang sanmartha, esih sedulur karo keluarga kyai dunagara/windunegara, aku kurang paham, apa ana sing ngerti nggone kyai dunagara? matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebaiknya datang langsung ke desa, tanya ke aparat atau sesepuh desa, mungkin mereka tahu

      Hapus