Langsung ke konten utama

Terbanyak Didanai Bansos Tak Direncanakan Santunan Kecelakaan Kerja Penderes

Quote suaramerdeka.com :
Penyaluran santunan bagi penderes yang mengalami kecelakaan kerja saat menyadap atau memanjat pohon kelapa di Kabupaten Banyumas, ternyata banyak didanai dari pos bantuan sosial (bansos) yang tidak direncanakan.
Dari tahun ke tahun, jumlahnya terus bertambah. Sementara yang melalui jalur direncanakan lebih sedikit, karena harus masuk lebih dulu dalam usulan kegiatan anggaran yang dimasukan dalam KUA-PPAS tahun berikutnya berdasar by name by address. Jika sudah masuk dalam KUA-PPAS, maka wajib dialokasikan dalam APBD, seperti halnya model penyaluran hibah.
Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas, Fatikul Iksan mengatakan, penggunaan bansos tidak direncanakan karena santuan yang diberikan bagi penderes umumnya karena bersifat insidentil. Ibaratnya, kata dia, kecelakaan tidak bisa direncanakan, sehingga skemanya agar pemkab bisa membantu, maka memakai model bansos yang tidak direncanakan.
“Kalau yang masuk dalam bansos direncanakan, misalnya kejadiannya mendekati akhir anggaran, sehingga secara administrasi tidak bisa langsung diproses. Sehingga ini harus diusulkan dalam penerimaan bansos tahun depannya, berdasarkan by name by address,” katanya, kemarin.
Penyaluran
Sejuah ini, acuan untuk pemberian bansos santunan bagi penderes mengikuti ketentuan Perbup No 17 Tahun 2012 tentang Penyaluran Hibah dan Bansos di Kabupaten Banyumas. Sedangkan yang terkait pengaturan besaran santuan, diakui, sejuah ini belum ada payung hukum tersendiri, sejak Perbup No 4 Tahun 2009, dinyatakan sudah tidak berlaku.
Menurutnya, untuk penyaluran santunan bansos yang tidak direncanakan, sepanjang ada kecelakaan, kemudian pihak ahli waris atau keluarga penderes memenuhi syarat adminsitrasi lengkap dan saat dicek benar, hal itu bisa diusulkan ke bupati untuk menerima santunan. “Setelah Bupati memberikan persetujuan, maka bisa diajukan pencairan ke DPPKAD dan proses penerimaannya tidak lama,’’tandasnya.
Diungkapkan, penggunaan bansos tidak direncanakan dalam APBD tidak hanya untuk kecelakaan penderes. Hal lain juga ada yang sudah dilakukan. Misalnya membantu penyandang cacat seperti tunanetra, tunarungu, dan lainnya yang minta bantuan. Terkait besaran santunan yang sudah dicairkan, lanjut Fatikul, sejuah ini sudah lebih dari Rp 100 juta.
Dari angka tersebut paling banyak disalurkan model bansos tidak direncanakan. Sebagaimana diketahui, dalam perubahan besaran santunan, korban meninggal dunia mendapat santunan Rp 10 juta, cacat permanen seumur hidup Rp 15 juta dan cacat ringan Rp 5 juta. Saat ini jumlah penderes di Banyumas yang terdata mencapai 27.300 orang, dan diupayakan semua mendapat kartu penderes.
“Dari tahun ke tahun, jumlah penderes yang mengalami kecelakaan cenderung bertambah, termasuk yang mengajukan permohonan santunan. Maka, kita terus berusaha mencari solusi alat yang aman untuk menderes,’’ tandasnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…