Langsung ke konten utama

Pendirian Bank Sampah Tunas Sejati IX di Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang


Pendirian bank sampah Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang kabupaten Banyumas adalah langkah progresif dan penting terkait dengan rencana program pemkab Banyumas mewujudkan green city atau program kota hijau yang tak hanya terpusat di Purwokerto saja tapi juga direaliasikan di pedesaan. sebagai desa terluas dah berpenduduk terbesar di kecamatan Jatilawang tentu berdampak sebagai salah dari penghasil sampah di wilayah kerja DCKTR UPT Ajibarang. 

Pendirian bank sampah adalah salah satu tahap dalam mewujudkan program PKH yaitu bagian dar i tahapan green society , yaitu menumbuhkan masyarakat yang sadar lingkungan dan berpartisipasi aktif mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat termasuk pengelolaan sampah.

Berikut info berasal dari Karang Taruna Tunas IX Desa.Tinggarjaya 

Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Tinggarjaya bahwa akan ada Pendirian Bank Sampah Tunas Sejati IX di Desa.Tinggarjaya yang dipelopori oleh Karang Taruna Tunas IX Div. Lingkungan Hidup yang memiliki tujuan untuk mengatasi permasalahan sampah, dan membantu pemerintah untuk pemerataan Bank Sampah. Adapun manfaat pendirian Bank sampah meliputi :
1. Lingkungan bersih
2. kualitas kesehatan meningkat
3. menambah penghasilan masyarakat
4. bebas dari penyakit
5. kesejahteraan meningkat
sebelumnya kami akan menjelaskan mengenai Bank Sampah
Bank Sampah merupakan media untuk menangani Permasalahan sampah di indonesia. sistem yang dijalankan Bank sampah mengambil sisi positif Bank dan sisi Negatif LIngkungan yaitu ''Sampah'' jadilah Bank Sampah.
pelaksanaan Bank sampah hampir sama dengan Bank Umum, ada transaksi dan ada Tabungan, perbedaannya hanyalah di saat transaksi. Bank umum transaksi dengan Uang sedangkan Bank sampah dengan menggunakan Sampah.
selain itu Bank Sampah solusi mengatasi permasalahan sampah jangka panjang, kami tidak memungut biaya untuk dapat masyarakat gabung di Bank Sampah Tunas Sejati IX.
Cara pendaftaran
masyarakat datang kelokasi Bank Sampah yang buka di beberapa titik yang sudah di tentukan di Desa. Tinggarjaya. kemudian masyarakat menyetorkan nama lengkap, Rt/Rw dan jumlah kk kemudian pihak pengurus Bank sampah akan memberikan buku tabungan yang akan digunakan untuk transaksi.
pada hari minggu tgl 23 akan dibukanya Bank Sampah di rumah bu Ari dekat pak Lurah
info mengenai Bank sampah bisa hubungi ke nomor 085327069986 (Yogi) atau Dm saya atau bisa tanyakan ke Mas Taufik Afkar ketua Karang Taruna Desa.Tinggarjaya.

PRODUK BANK SAMPAH TUNAS SEJATI IX
DESA. TINGGARJAYA TAHUN 2016

Bank sampah Tunas sejati IX memiliki 2 produk layanan yang masing masing memiliki keunggulan dan manfaat yang sama, kedua produk ini merupakan Produk Tabungan ‘’Sehat’’ dan Tabungan “Amal”.
1. Tabungan sehat merupakan tabungan yang diperuntukan untuk lapisan masyarakat khususnya para ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan bagi keluarga, namun tidak menutut kemungkinan nasabah bapak,mas dan adik dapat mengikuti sebagai nasabah.
2. Tabungan amal merupakan tabungan yang di peruntukan untuk amal, ke Bank Sampah Tunas Sejati IX dengan sukarela atau tidak akan mendapat penambahan saldo, untuk kemudian sampah tersebut akan dijadikan sebagai bahan untuk percobaan membuat produk daur ulang sebagai contoh untuk proses pengolahan sampah. Masyarakat diminta untuk membawa sampah dengan ketentuan sebagai berikut :
Daftar Barang bekas Tabungan Sehat
1. Kardus
2. Aqua gelas/aqua botol
3. Kaleng minuman(seprit,kratingdeng dll)
4. Botol oli
5. Botol sirup (ABC ,osron,topi miring, anggur dll)
6. Hvs
7. Buram
8. Kresek/plastic belanja
9. Plastic gula
10. Sewiran kertas Hvs
11. Duplex (kardus snak)
12. Tembaga
13. Atum (ember, gayung)
14. Botol (Rinso,sampo,hambody,sabun cair, superpel dll)
15. Buku tulis
16. Bungkus roko
Daftar barang bekas Tabungan Amal
1. Sterofom, sterofom bekas makanan,kulkas,dan tv.
2. Bungkus kopi
3. Bungkus sanlate kecil dan besar
4. Bungkus molto besar
5. tutup botol minuman seprit,fanta, sosro botol
6. Kandi bekas
7. Bungkus rinso literan
8. Bungkus pakan ikan
9. Bungkus mama lemon
10. Bungkus soklin lantai
11. Bungkus kecap besar
12. Kain perca bekas/kain perca sisa jahitan
Cara mendaftar menjadi Nasabah
via sms/WA : 085327069986 (Yogi)
1. kirim nama lengkap,
2. Rt/Rw
3. Grumbul
4. Jumlah jiwa
Data tersebut akan segera diverifikasi oleh pengurus dan kemudian nasabah dapat mulai menabung pada hari minggu tgl 23 dengan membawa sampah yg sudah terpapar diatas, untuk buku tabungannya bisa diambil di lokasi bank sampah, kemudian masyarakat menunjukan data nama lengkap,rt/rw,grumbul dan jumlah jiwa yang tinggal satu atap untuk mencocokan data dengan buku tabungan.
Syarat – Syarat menabung
1. Sampah harus sudah dipilah dari rumah sesuai jenis
2. Membawa buku tabungan Bank Sampah
3. Menabung sampah wajib minimal 1kg apabila kurang akan dikembalikan
4. a. Membawa sampah jenis plastic dengan kondisi bersih dan kering dan tidak berminyak ( plastik gula,plastik kresek dll)
b. Membawa sampah jenis kertas dengan kondisi bersih, kering dan tidak berminyak ( sobekan kertas, kardus, Koran, buku, hvs, buram, Koran dll)
c. Sampah berjenis logam dan kaca ( logam, paku, seng, kaleng, botol sirup, botol minuman keras.)
Yuk daftar menjadi nasabah. Bank sampah Tunas Sejati IX Tinggarjaya menjadi solusi mengatasi sampah dan lingkungan. pendaftaran ini tidak dipungut biaya.
semoga dengan ini kami dapat membantu mengurangi volume sampah yang ada.
dengan ini kami Karang Taruna Desa. Tinggarjaya
Div. Lingkungan hidup mengajak masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam program ini agar .

Sehatkan Lingkungan, Tingkatkan Taraf kesehatan, Sejahterakan Masyarakat bersama kami Div. Lingkungan Hidup Karang Taruna Tunas Sejati IX.
kami akan buka satu minggu sekali tepatnya hari minggu.
Bersama, Kita dan Bisa. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…