Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 21 Januari 2016

Potensi dan Peluang Budidaya Perikanan Darat Banyumas

wilayah Banyumas bagian utara potensial dikembangkan menjadi sentra budidaya perikanan darat . Wilayah Banyumas bagian utara memiliki suplai air melimpah .Perlu pengembangan yang lebih intensif bisa dengan membentuk koperasi atau kelompok usaha bersama . Dengan daya dukung alam yang baik bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat . Sebaiknya pihak pemda memfasilitasi usaha ini karena efeknya juga lebih besar bagi perekonomian kabupaten Banyumas .

Produksi Ikan Lokal Belum Cukupi Permintaan Pasar



 suaramerdeka.com 21 Januari 2016– Pasokan ikan dari petani lokal Banyumas dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pasar ikan di Ajibarang secara rutin. Untuk itulah selama ini, pedagang ikan masih mengandalkan pasokan ikan dari wilayah Jawa Barat.

Ketua Paguyuban Pedagang Minaaji Ajibarang, Triwibowo Setyono mengatakan di Ajibarang saja, angka kebutuhan pasokan ikan konsumsi yang wajib dipenuhi setiap hari ada sekitar dua ton. Angka tersebut diperkirakan akan semakin meningkat karena konsumsi ikan masyarakat semakin tinggi.

“Dari sekitar enam pedagang yang aktif berdagang, jumlah ikan yang dijual tiap hari ada sekitar 2 ton. Makanya ini sebenarnya potensi yang besar bagi petani ikan lokal jika mampu memasok secara rutin,” katanya.
Bowo mengatakan saat ini untuk memasok kebutuhan pasar ikan, ia bersama pedagang lainnya memilih untuk menerima kiriman dari luar daerah yaitu Cianjur Jawa Barat.
Kiriman dari luar kota ini terbilang cukup stabil untuk memasok kebutuhan ikan tawar di Ajibarang. Dari Ajibaranglah, pasokan ikan dari Ajibarang ini diambil oleh pedagang dari Pasar Manis, Wage dan Pasar Patikraja.
Warga Desa Ajibarang Kulon, Purwanto (37) mengatakan pengembangan budidaya ikan di wilayah desa setempat memang terus berkembang. Namun memang untuk memenuhi kebutuhan pasar ikan secara rutin belum dapat diandalkan, karena untuk pembesaran ikan membutuhkan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar