Entri yang Diunggulkan

Penataan Kota Kecamatan Wangon & Kemungkinan Perluasan Urban

Wangon adalah sebuah kota kecamatan yang lokasinya cukup strategis karena menjadi persilangan jalur utama lalu lintas di jalur selatan...

Senin, 23 Mei 2016

Sungai Serayu Potensial Jadi Tempat Wisata


Ajukan Proposal Irigasi ke Presiden
Radar Banyumas

Foto Radar Banyumas.BANYUMAS – Festival Serayu Banyumas 2016 yang diadakan Minggu (22/5), cukup menyita perhatian masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Ribuan masyarakat memadati sepanjang Sungai Serayu, mulai dari depo pasir Sokawera hingga Bendung Gerak Serayu untuk melihat puluhan perahu hias.
Festival rutin yang digelar tiap tahun ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata. Seperti yang dikatakan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko bahwa Sungai Serayu yang mengalir dari Kabupaten Wonosobo hingga Kabupaten Cilacap potensial menjadi tempat pariwisata. “Sangat potensial. Apalagi air Sungai Serayu masih jernih dan bersih,” ujarnya.
Menurut Heru, Sungai Serayu juga bisa dijadikan pariwisata memancing. Ini karena Sungai Serayu lebar dan potensial untuk perikanan. “Bisa menjaring masyarakat yang hobi mancing untuk datang,” katanya.
Selain potensial untuk pariwisata, air Sungai Serayu juga dinilai potensial untuk mengembangkan pertanian. Hal itu dikatakan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein. Menurut Husein, meski berada tidak jauh dari Sungai Serayu, beberapa hektare persawahan seringkali mengalami kekeringan.
Husein menyebut, kekeringan yang melanda sawah di sekitar Sungai Serayu menjadi masalah. Padahal Sungai Serayu memiliki pasokan air yang melimpah. “Dalam waktu dekat saya akan menyampaikan proposal kepada presiden berkaitan dengan irigasi. Kami masih mengupayakan solusi menaikkan air dari Sungai Serayu ke daerah yang kekeringan saat kemarau. Agar saat kemarau, lahan sawah masih punya pasokan air,” tuturnya. (wah/sus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar