Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 24 Mei 2016

Konstruksi Jalan Lingkar Ajibarang Diperkuat



 Suara Banyumas 
Sejumlah pekerja memasang kerangka beton jalan lingkar Ajibarang yang sedang diperbaiki kemarin. (SM/Susanto)
Sejumlah pekerja memasang kerangka beton jalan lingkar Ajibarang yang sedang diperbaiki kemarin. (SM/Susanto)
BANYUMAS, suaramerdeka.com – Pemkab Banyumas khususnya Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kabupaten Banyumas memastikan perbaikan jalan lingkar Ajibarang yang kini diperbaiki akan semakin kuat.
Pasalnya bagian jalan yang rusak parah, kini telah dibongkar dan diganti dengan konstruksi bangunan baru yang lebih kuat. Kasi Pemeliharaan Jalan Dinas SDA BM Banyumas, Ruswanto mengatakan penguatan konstruksi beton dilaksanakan untuk menambah kapasitas jalan kabupaten yang ada di pinggir Kota Kecamatan Ajibarang tersebut.
Menurutnya jalan lingkar Ajibarang selama ini memang dilintasi oleh berbagai kendaraan termasuk kendaraan bermuatan berat. Akibatnya dengan kapasitas yang terbatas tersebut, jalan lingkar ini berpotensi cepat mengalami kerusakan seperti terjadi beberapa tahun terakhir.
“Untuk beton yang rusak itu dibongkar dan selanjutnya akan ditambah tulangan besi sehingga akan lebih kuat. Karena memang selama ini kerusakan jalan lingkar ini berulangkali terjadi. Kamipun tidak tinggal diam, namun karena berbagai hal kerusakan jalan terjadi lagi,” jelasnya.
Dijelaskan Ruswanto kerusakan jalan  bisa terjadi karena tanah dasar di bawah beton jalan labil sehingga memicu perubahan dan kerusakan di bagian jalan beton.
Selain itu ada juga tonase kendaraan bermuatan berat yang melebihi kapasitas jalan. Apalagi jalan lingkar ini menjadi jalan yang padat dan sering dilintasi kendaraan bermuatan berat dari arah Jakarta, Cilacap dan Yogyakarta yang beratnya bisa mencapai lebih dari 20 ton.
“Makanya meskipun merupakan jalan beton, namun kerusakan tak bisa terhindarkan. Makanya selama dibangun sejak tahun 1995, perbaikan dengan skala yang cukup besar telah dilaksanakan selama tiga kali. Sekarangpun juga dilaksanakan perbaikan kembali,” katanya.
Pantauan Suara Merdeka di lapangan melihat proses perbaikan jalan ini terus dilaksanakan, meski beberapa hari ini  hujan deras kerap turun di wilayah Ajibarang dan sekitarnya.
Akibat hujan deras turun tersebut bagian jalan beton rusak yang telah dikeruk menggenang. Sementara itu hingga kemarin sejumlah pekerja terlihat mulai memasang kerangka tulangan besi yang akan dicor beton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar