Langsung ke konten utama

Pemindahan Penghuni Lapas Diundur


TARGET AGUSTUS : Bangunan lapas Kelas II A Purwokerto yang baru masih butuh pembenahan sehingga pemindahan penghuni diundur.  /DIMAS PRABOWO/RADARMAS
TARGET AGUSTUS : Bangunan lapas Kelas II A Purwokerto yang baru masih butuh pembenahan sehingga pemindahan penghuni diundur. /DIMAS PRABOWO/RADARMAS
PURWOKERTO – Pemindahan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Purwokerto, mundur dari rencana awal. Sebelumnya pemindahan akan dilakukan Rabu (27/4), bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan.
“Pemindahan diundur, awalnya memang ditargetkan 27 April. Tapi karena masih ada sarpras yang perlu dibenahi, maka kami tunda dulu,” kata Kepala Lapas Kelas II A Purwokerto, Syamsul Hidayat.
Menurutnya, penundaan sesuai instruksi Kepala Kanwil Kemenhumkam Jawa Tengah. Sebab ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti prosedur keamanan, administrasi dan penjagaan.
“Kalau dari Kanwil ditantang tanggal 17 Agustus bertepatan dengan momen peringatan kemerdekaan. Sekarang kami sedang berusaha mengejar dan mempersiapkan segala sesuatu, agar dapat diresmikan sesuai target dari Kanwil,” paparnya.
Menurutnya, pola pengamanan lapas lama dengan lapas baru sangat berbeda. Sehingga perlu perencanaan yang sangat matang, baik proses pemindahan warga binaan maupun penjagaan di lapas baru.
“Kami akan tingkatkan pola pengamanan di lapas baru, karena gedung baru sangat luas sehingga perlu pendekatan berbeda,” ungkapnya.
Kapasitas gedung lapas baru yang berada di Jalan Pasukan Pelajar Iman bisa menampung 500 warga binaan. Kapasitas tersebut jauh lebih besar dari bangunan lama, yang hanya mampu menampung sekitar 100 orang.
“Kapasitas lapas baru jauh lebih banyak, karena itu kami harus meningkatkan pola pengamanan dan merevisi tupoksi petugas. Kami sudah ajukan permohonan penambahan petugas sebanyak 50 orang laki-laki,” jelasnya.
Semetara itu, menurut rencana lapas lama akan digunakan untuk lapas wanita. “Lapas lama kami usulkan untuk dijadikan lapas khusus wanita, itu opsi yang kami ajukan,” katanya.
Menurutnya, saat ini kebutuhan lapas khusus wanita sangat diperlukan. Sebab di wilayah karesidenan Banyumas, jumlah warga binaan wanita tergolong tinggi.
“Saat ini penempatan warga binaan wanita hanya di Lapas Banyumas, baik napi maupun tahanan ditempatkan di sana,” katanya.
Syamsul menambahkan, dengan diusulkannya lapas lama menjadi lapas khusus wanita diharapkan bisa menampung seluruh warga binaan wanita dalam satu lapas. Sehingga pembinaan menjadi lebih efektif.
Seperti diketahui, pembangunan gedung lapas baru sempat mangkrak selama empat tahun dari tahun 2011 hingga 2015. Bangunan lapas baru memiliki luas hampir 34.000 meter persegi, sedangkan lapas lama hanya 4.000 meter. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…