Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 11 Februari 2016

Pembangunan bersinergi Heritage

Purwokerto baru di kuasai Belanda tahun 1830 setelah perang Diponegoro sehingga jumlah heritage building di wilayah ini tak sebanyak kota lain yang dikuasai Belanda terlebih dahulu. Namun demikian seandainya jumlah heritage yang sedikit ini dipertahankan tentu saja bisa jadi daya tarik tersendiri. dalam tahun tahun terakhir yang menjadi korban pembangunan adalah vila kranji dan gedung Suteja. semoga ini yang terakhir. karena saat ini sebenarnya heritage jika diinventarisir jumlahnya lumayan ada berupa gedung kantor maupun rumah penduduk. Saya iri melihat Dafam Bandung. yang mana gedung modern dibangun mengelilingi heritage. ini contoh yang benar. harmonisasi antara gedung baru bagian dari proses pembangunan dengan heritage yang ada sebelumnya. seperti slogan aqua di botol yang pernah saya baca. " membangun masa depan tanpa menghapus masa lalu ". seandainya Buntos menerapkan prinsip ini pasti akan lebih baik daripada saat ini.Gedung buntos secara arsitektur sangat biasa. tidak istimewa terlebih menghilsngkan vila kranji. coba pada waktu itu buat desain menbentuk letter L atau U atau model buku terbuka sehingga vila kranji tampak seperti etalase. gedung yang pertama dilihat oleh pengunjung .

 The photo "Villa Krandji" was uploaded by user Jatmiko








Purwokerto harus bersinergi dengan masa lalu. sebagai nilai tambah. jika ada pembangunan bisa diintegrasikan bukan dihancurkan. Heritage yang masih tersisa di Purwokerto harus dipertahankan.
Dafam Pasar Baru square Bandung adalah contoh pembangunan yang ramah terhadap heritage.
 PASAR BARU SQUARE Dafam



2 komentar:

  1. sungguh indah perpaduan pasar baru di bandung.. ttp mengikuti jaman dg tidak menggerus nilai sejarah

    BalasHapus
  2. Terima kasih udah mampir. betul semoga ke depan pembangunan di Banyumas raya juga menjaga nilai historisnya. mas kasamago ditunggu partisipasinya di ssci ya. mai ramekn threadnya..

    BalasHapus