Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Kamis, 04 Februari 2016

Hari Jadi Banyumas , Umur Banyumas Lebih Tua 12 Tahun

  

1 February 2016 Radar Purwokerto

Perdana, Hari Jadi 22 Februari


PURWOKERTO – Tahun ini, peringatan Hari Jadi Banyumas untuk pertama kalinya pada tanggal 22 Februari. Sebelumnya Hari Jadi Banyumas diperingati setiap tanggal 6 April. Perubahan ini berdasarkan Perda Kabupaten Banyumas Nomor 10 Tahun 2015 tentang Hari Jadi Kabupaten Banyumas. Perda tersebut mencabut Perda Nomor 2 Tahun 1990 tentang Hari Jadi Kabupaten Banyumas.
Kabag Humas Setda Banyumas Agus Nur Hadie menjelaskan, tanggal 22 Februari ditentukan sebagai patokan Hari Jadi Kabupaten Banyumas berdasarkan perhitungan tanggal dan hari dimana Raden Joko Kaiman (Adipati Mrapat) yang bergelar Adipati Warga Utama II, diangkat atau ditetapkan oleh Sultan Pajang sebagai Adipati Wirasaba VII menggantikan rama mertuanya yaitu Adipati Warga Utama I (Adipati Wirasaba VI).
Joko Kaiman yang telah diangkat menjadi Adipati Wirasaba VII, membagi daerah kekuasaannya menjadi empat (sehingga Raden Joko Kaiman terkenal dengan nama Adipati Mrapat). Yaitu Banjar Pertambakan diberikan kepada Kiai Ngabehi Wirayudo, Merden diberikan kepada Kiai Ngabehi Wirakusumo, Wirasaba diberikan kepada Kiai Ngabehi Wargawijoyo. Sedangkan Raden Joko Kaiman rela kembali ke Banyumas, dengan maksud mulai membangun pusat pemerintahan yang baru.
“Dengan demikian, tanggal 27 Ramadan 978 H atau 22 Februari 1571 lebih bisa dipertanggungjawabkan, karena ada sumbernya atau ada dokumennya. Tanggal tersebut merupakan alternatif kuat untuk ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Banyumas sebelum ditemukan sumber sejarah lain yang lebih kuat,” kata Agus kepada Radarmas, kemarin.
Dengan perubahan hari jadi, lanjut dia, ada perbedaan rentang waktu 12 tahun. Dimana Hari Jadi Banyumas yang baru ditetapkan 12 tahun lebih tua. Sehingga di tahun 2016, Banyumas akan merayakan hari jadinya yang ke 445.
Lebih lanjut Agus mengatakan, terkait perayaan hari jadi Banyumas tahun, sejumlah kegiatan sudah disiapkan. Rangkaian acara tidak jauh beda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja pada perayaan kali ini akan diadakan prosesi perpindahan Kabupaten Banyumas dari Banyumas ke Purwokerto, yang rencananya akan diadakan Kamis (18/2).
“Teknisnya baru akan dibahas besok Senin (hari ini, red). Rencananya akan ada iring-iringan kendaraan dari Banyumas ke Purwokerto dengan rute dari Pendopo Kecamatan Banyumas, Kalibagor, Sokaraja, Air Mancur, Berkoh, Pasar Wage, Jalan Jenderal Soedirman, Alun-alun Purwokerto dan Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas,” kata dia.
Selain itu, pada Kirab Prosesi Pusaka Hari Jadi ke-445 Kabupaten Banyumas akan diadakan Minggu (28/2) pukul 10.00 WIB. “Yang membedakan dengan sebelumnya, diselenggarakan pada pagi hari. Kalau dulu biasanya siang hari,” ujarnya.



DIRGAHAYU KABUPATEN BANYUMAS KE 445
(22 Februari 1571-22 Februari 2016)

Info Rangkaian Kegiatan Hari Jadi :
Tanggal 18 Februari 2016 Jam 08.00 Ziarah ke Makam R Djoko Kaiman di Makam Dawuhan Kec Banyumas dilanjutkan Syukuran dan Ruwatan Wayang Kulit di Pendopo Kecamatan Banyumas
Tanggal 18 Februari 2016 Jam 09.30 Prosesi Perpindahan Kabupaten Banyumas dari Banyumas ke Purwokerto. Start Pendopo Kecamatan Banyumas menuju Pendopo Si Panji Banyumas.
Tanggal 22 Februari 2016 Jam 08.00 Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi ke 445 Kabupaten Banyumas di Alun-alun Purwokerto
Tanggal 22 Februari 2016 Jam 09.00 Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kab. Banyumas
Gedung DPRD Kabupaten Banyumas
KIRAB PROSESI PUSAKA HARI JADI KE 445 KABUPATEN BANYUMAS
Minggu,28 Februari 2016 Jam 10.00 Start Pendopo Wakil Bupati Menuju Pendopo Sipanji.
Jangan lewatan juga MNCTV Live Show Jum’at dan Sabtu 26-27 Februari 2016 di GOR Satria Purwokerto.
DENGAN HARI JADI KE 445 KABUPATEN BANYUMAS, KITA WUJUDKAN BANYUMAS YANG SEJAHTERA, BERDAYA SAING DAN BERBUDAYA BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...