Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 24 Februari 2016

jalan lingkar Ajibarang wangon

Masalah ke sekian kali . dan Saya mengusulkan pembangunan jalan lingkar Ajibarang wangon sebagai solusi . selama tidak dibangun jaringan jalan baru masalah mustahil tuntas . kalo bukan jalan Tol dalam jangka panjang harus ada jalan lingkar Ajibarang wangon dalam jangka pendek . kalo Tol Tegal cilacap dibangun sangat significant mengatasi masalah ini . jalan raya khusus kendaraabn domestik saja .



ini domain pusat Sebenarnya . tapi pemkab Banyumas harus cari cara dengan mengoptimalkan jalur yang jadi wewenangnya . nah ini yang belum terlihat . seharusnya melakukan pemetaan wilayah antara wangon dan Ajibarang . buat rencana dengan merancang jarak tempuh terdekat dan aman secara geologis . dari sini dibangun jalan lingkar . ini wewenang pemkab . sayang belum ada terobosan seperti ini . proyek pemkab baru sebatas pengaspalan jalan yang sudah ada .

detikNews
 Jalur Tengah Banyumas Ambles, Akses Menuju Yogyakarta Ditutup


Banyumas - Jalan nasional yang menghubungkan Jakarta arah Yogyakarta di Desa Windunegara, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, ambles setelah diguyur hujan. Peristiwa ini membuat kemacetan panjang di jalur tersebut.
Kepolisian dan dinas terkait melakukan penanganan awal dengan memadatkan sementara jalan agar kendaraan dapat melintas.
"Penanganannya langsung kita kerjakan, mengingat ini akses jalan nasional sehingga kita segera koordinasikan dengan pihak-pihak terkait sehingga malam ini kita kerjakan semua. Mudah-mudahan semua segera selesai dan lalu lintas berjalan normal kembali," kata Kapolsek Wangon, AKP Supriyanto Kepada detikcom di lokasi, Selasa (23/2/2016).
Belum diketahui waktu pengerjaan penanganan jalan ambles ini. Penanganan diharapkan berlangsung cepat.
"Yang penting jalan ini bisa dilewati dulu, untuk penanganan secara maksimal kemungkinan akan dilanjutkan besok pagi. Saat ini kita padatkan dan kita manfaatkan supaya arus lalu lintas bisa normal dulu," jelasnya.
Arus kendaraan dari arah Yogyakarta menuju Jakarta saat ini dialihkan melalui kota Purwokerto.
"Baik dari arah Jakarta mupun dari Bandung sementara kita alihkan dan jalan kita tutup sementara," ujarnya.
Dari pantauan detikcom, saat ini alat berat sedang melakukan pemadatan jalan untuk melancarkan arus lalu lintas yang terhambat amblesnya jalan. Sebagian kendaraan berat sudah dialihkan sementara kendaraan yang sudah terlanjur berada di lokasi harus menunggu hingga pemadatan jalan selesai.


Radar Banyumas
 Jalur nasional nasional Ajibarang-Wangon di Desa Windunegara Kecamatan Wangon terputus, Selasa (23/2) pukul 15.00. Jalan di titik tersebut ambles sampai kedalaman satu meter dengan panjang retakan sampai 65 meter.
Kepala Dusun II Desa Windunegara, Sumanuroto menuturkan, sebelum tanah ambles dan retak, ada mikrobus ukuran 3/4 macet di badan jalan. Sehingga diberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan dari Ajibarang dan Wangon.
Jalan yang dilalui kendaraan itu lalu diduga tidak kuat menahan beban setelah pipa PDAM yang berada di bawah jalan pecah.
“Akibatnya, air PDAM yang mengalir deras membuat jalan yang terus dilalui kendaraan tidak kuat dan lama kelamaan ambles. Air luapan dari pipa yang pecah meresap ke dalam tanah. Tanah sekitar lokasi kemudian ambles dengan retakan mencapai 65 meter dan kedalaman satu meter,”jelasnya.
Selain menimbulkan longsor jalan nasional hingga separuh, semburan air PDAM dari pipa yang pecah tersebut juga membanjiri pemukiman warga . Sekitar sembilan rumah ikut kebanjiran.
“Kami koordinasi dengan PDAM yang kemudian aliran air dimatikan. Dan warga sempat was-was karena airnya makin banyak dan dikhawatirkan akan menggenangi rumah. Sementara jalan masuk ke grumbul tersebut juga terputus, akses warga terganggu,”katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar