Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 01 Februari 2016

Pasien Banjiri Layanan Psikologi RSUD Banyumas

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas tak hanya melayani pasien yang sakit secara fisik. Beberapa tahun terakhir, rumah sakit milik Pemkab Banyumas tersebut juga membuka pelayanan psikologi, baik untuk rawat jalan maupun rawat inap.
Direktur RSUD Banyumas dokter AR Siswanto Budiwiyoto MKes mengatakan pelayanan psikologi ditangani oleh Unit Pelayanan Psikologi yang ada di Instalasi Rehabilitasi Medik. Unit ini memberikan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh psikolog dalam membantu individu maupun kelompok agar dapat memahami kesulitan yang sedang dihadapi untuk mencapai derajat keseimbangan mental.
Tujuannya agar memiliki kemampuan menyelesaikan masalah psikologis yang dihadapinya. ”Dari tahun ke tahun jumlah kunjungan di unit pelayanan psikologi RSUD Banyumas meningkat.
Unit pelayanan psikologi ditangani oleh dua orang psikolog profesional dan berpengalaman, yakni Ratih Winanti SPsi, MHPsi dan Sri Handayani Saptaning Siwi,SPsi Psi,” kata Siswanto.
Pasien yang datang untuk melakuan konsultasi itu, kata dia, ada yang datang secara mandiri atau atas permintaan sendiri maupun yang bersifat konsultasi atau yang dikonsultasikan oleh tenaga kesehatan lain.
Selain melayani kunjungan pasien, kata dia, unit layanan psikologi RSUD Banyumas juga beberapa kali diterjunkan ke lokasi bencana alam, seperti di Banjarnegara beberapa waktu lalu.
Psikolog yang diterjunkan di lokasi bencana memberikan bimbingan pada penyintas (korban selamat) agar tidak mengalami trauma. ”Petugas RSUD Banyumas siap diterjunkan ke lokasi bencana dimanapun untuk memberikan bimbingan kepada anakanak dan warga yang selamat dari bencana agar mereka tidak trauma,” tandasnya.
Solusi Memuaskan
Menurut Sri Handayani, salah seorang psikolog di Unit Pelayanan Psikologi RSUD Banyumas, pelayanan psikologi ini membantu pasien dewasa, remaja maupun anak anak yang memerlukan dukungan kejiwaan, kematangan emosi, kecerdasan intelektual dan kepribadian sesuai level usia.
Ia mengatakan jumlah kunjungan psikologi rawat jalan di unit pelayanan psikologi RSUD Banyumas, dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun 2013 ada 755 kunjungan, tahun 2014 860 kunjungan dan tahun 2015 ada 903 kunjungan. Demikian juga untuk kesiapan belajar/psikotes terus meningkat, pada tahun 2013 ada 28 tindakan, 2014 24 tidnakan dan tahun 2015 ada 50 tindakan.

1 Februari 2016, SmCetak
BANYUMAS-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar