Langsung ke konten utama

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info : 
Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap

img-20170110-wa0000.jpg


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

  •  Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap
  •  Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap




update info berita ini
Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB

Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan Tol

Dana Aditiasari - detikFinance
Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).

Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternatif pengguna jalan yang selama ini mengandalkan jalan tol di sisi Utara Pulau Jawa untuk menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keberadaan tol di sisi Selatan Pulau Jawa, kata Herry, tergolong sangat penting karena banyak pusat-pusat ekonomi di Selatan Jawa yang kurang terlayani maksimal lantaran tidak tersedia jalan tol.

"Data kami, 60-80 ribu kendaraan perhari lewat jalan tol Cileunyi. Dari situ, kelihatan, ternyata banyak yang keluar ke arah bawah (sisi selatan), khususnya yang kendaraan besar untuk angkutan barang," kata dia.

Untuk itu, diharapkan, keberadaan jalan tol di sisi Selatan Jawa bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di berbagai kawasan yang dilintasi jalan tol.

"Sekarang pasti banyak yang bilang, ngapain bangun jalan tol di Selatan, jalannya masih cukup. Tapi kita berpikir 5-10 tahun ke depan. Jangan seperti sekarang, contohnya Jorr W 2, baru selesai dibangun langsung sudah macet. Itu karena lalulintasnya sudah terlanjur padat. Jadi kita jangan bikin jalan tol menunggu macet," tandas dia.




berita lawas saya posting tanggal 04/02/2016

Jalan TOL Tegal Cilacap sudah masuk usulan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat sejumlah usulan pembangunan program jalan tol baru, yang masuk melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
Berikutnya adalah Tegal-Cilacap dan Batas Jawa Tengah-Cilacap-Yogya-Solo. Saat ini belum ada spesifikasi rinci tentang jalan tol yang akan dibangun di Jawa Tengah tersebut. "Tapi usulannya sudah masuk daftar kami," pungkas dia. [ m.detik.com]


Bisnis.com, JAKARTA—Badan Pengatur Jalan Tol (BPT) tengah mengkaji enam ruas tol yang diprakarsai sejumlah badan usaha pada tahun ini, yang jika dinilai layak akan mendapatkan persetujuan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dilanjutkan ke tahap lelang. 

Keenam ruas tersebut yakni Jakarta-Cikampek II, Jakarta Elevated, Semanan-Balaraja, Kamal-Teluk Naga-Balaraja , Tegal-Cilacap dan Batas Jawa Tengah-Cilacap-Yogya-Solo. Dari keenam ruas tersebut, baru proyek Jakarta-Cikampek II usulan Jasa Marga yang disetujui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, setelah memberikan persetujuan kepada proyek Jakarta—Cikampek II, kini pihaknya tengah menyelesaikan kajian terhadap proyek Jakarta elevated yang juga diusulkan oleh emiten berkode JSMR tersebut. 


Sementara itu, investor asal Malaysia United Engineers Malaysia (UEM) Berhad juga telah menyampaikan minatnya untuk memprakarsai tol Tegal-Cilacap-Jawa Tengah dan Batas Jawa Tengah-Cilacap-Jogja. Namun, investor yang memiliki konsesi ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini belum menyerahkan proposal dan studi kelayakan. 

Ada 2 versi rute jalan setelah Cilacap. pertama versi berita pak Bupati Husein saat di OJK yaitu setelah Cilacap akan melewati Buntu, Sumpiuh dan Purworejo . sedangkan versi lain rutenya lewat Jalur Selatan Selatan. untuk sementara diambil kesimpulan sebagian melewati Rute Selatan dan Selatan Selatan. Maka Rute yang dilewati meliputi Ajibarang Wangon Jeruklegi Cilacap ( kemungkinan hanya sampai Slarang yang secara RTRW sudah masuk perkotaan Cilacap) lalu lewat Jalur selatan selatan: Adipala, Kroya , Buntu , Sumpiuh .

Informasi dari sumber lain  




Ini Usulan Jalan Tol Baru yang Disetujui Pemerintah




KOMPAS.com — Terbuka kesempatan bagi investor swasta untuk ikut membangun infrastruktur jalan tol. Investor swasta juga diperbolehkan untuk memberi usulan atau kajian. Sementara itu, kepemilikan tanahnya tetap dikuasai pemerintah.

Ada beberapa usulan investor yang disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR). Usulan tersebut adalah Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya, Jatiasih-Cikampek 2, Cilacap-Tegal, Balaraja-Semanan, dan Serang-Panimbang menuju Tanjung Lesung.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini mengatakan, khusus Tol Cikampek 2 sudah diusulkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk ditambah dengan pengembangan jalan layang (elevated road) di atas tol.

"Cikampek sendiri sekarang sudah macet. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mau membangun jalan layang di atas jalan tol yang sudah ada. Selain itu, ada pula investor yang mau membuat jalan baru karena ada kawasan-kawasan baru," kata Hediyanto kepada Kompas.com, pekan lalu.

Namun, tambah dia, usul jalan layang punya kelemahan, yaitu tidak melewati kawasan karena hanya lewat di atasnya. Saat ini, proposalelevated road Cikampek sudah disetujui sehingga Jasa Marga tinggal membuat kajiannya. 

Pemerintah akan menawar tarif tolnya dan mengundang investor lain jika ada yang mau membangun dengan penetapan tarif lebih murah. 

Selain ruas Tol Cikampek 2, Serang-Panimbang juga telah disetujui pengajuannya. "Serang-Paningbang juga sudah karena investor punya kawasan di ujung kawasan wisata," kata Hediyanto. 

Ia menambahkan, alasan pemerintah menyetujui usulan-usulan tol tersebut adalah karena rute, lalu lintas, dan tarif tolnya layak secara bisnis dan tidak memberatkan pengguna jalan. Selain itu, jika kalkulasinya masuk akal, pemerintah akan mengizinkan.

Jika tidak, dikhawatirkan investor hanya mengambil keuntungan saja, tetapi tidak mau mengerjakan tolnya. 

"Makanya, kita kasih batas, Anda (investor) harus kerjakan dalam lima tahun. Kalau tidak, kita cabut lagi," kata Hediyanto.















Komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…