Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 04 Februari 2016

BUKIT TRANGGULASIH, PESONA TERSEMBUNYI


Humas Kabupaten Banyumas
 
BUKIT TRANGGULASIH, PESONA TERSEMBUNYI DI KAKI GUNUNG SLAMET
KEDUNGBANTENG BANYUMAS - Sebagian wilayah dekat Gunung Slamet memang tidak akan terlepas dengan aneka bentang pemandangan alam yang beranekaragam bentuknya. Baturraden merupakan salah satu daerah yang berada tepat di bawah Gunung Slamet, sehingga Loka Wisata Baturraden menyajikan wisata alam yang sangat bervarian dan juga menawarkan beberapa wahana edukasi bagi masyarakat sekitar, wisatawan yang berasal dari dalam negeri dan mancanegara.
Tapi siapa sangka apabila kita memahami daerah sekitar Kaki Gunung Slamet terdapat salah satu bukit yang menyajikan pesona bentang alam yang tidak kalah menariknya dengan Loka Wisata Baturraden. Bukit tersebut dinamakan Bukit Tranggulasih.
Bukit Tranggulasih menurut letak geografis berada di sebelah Utara dari pusat kota dan berdekatan langsung dengan Kecamatan Baturraden, tepatnya lokasi Bukit Tranggulasih ini berada di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.
Lokasi tempuh untuk mencapai Bukit Tranggulasih memakan waktu 30 menit dari pusat Kota Purwokerto tergantung rute yang ditempuh oleh kita. Menurut warga sekitar Sutrisno (35tahun), untuk menempuh ke Bukit Tranggulasih dapat melalui tiga rute, pertama melalui Kecamatan Kedungbanteng-Keninten-Melung-Windujaya, kedua melalui Baturraden-Curug Bayan (Desa Ketenger)-Desa Melung-Desa Windujaya, ketiga melalui Desa Karangnangka-Kutaliman. Beliau juga menuturkan bahwa di Bukit Tranggulasih ini terdapat tiga bukit yang berdekatan, Bukit Cinta, Bukit Tranggulasi dan Bukit Tinggi.
Pesona alam di Bukit Tranggulasih ini jika dibandingkan dengan objek wisata kaki gunung slamet lainnya, memiliki ciri khas yang dapat kita jadikan sebagai tempat untuk mengabadikan diri kita dengan alam, apabila kita datang di pagi hari tepat sebelum terbitnya fajar akan menyaksikan matahari terbit diantara bukit – bukit yang menjulang di sekitar Bukit Tranggulasih dan ketika terbenamnya fajar kita juga dapat menikmati, serta malam hari kita dapat melihat gemerlap kota purwokerto dan sekitarnya, dan apabila kita datang pada bulan – bulan tertentu bagi kalian penggemar foto dapat mengambil milkyway (garis bintang) disekitar bukit.
Dengan kondisi alam yang menjanjikan tersebut sekiranya kita apabila tertarik dengan pesona alam, Bukit Tranggulasih merupakan tempat yang tepat untuk wajib dicoba dan dikunjungi, cukup bayar parker motor 3 ribu dan mobil 10 ribu. Disana juga tersedia lahan untuk melakukan camping menjadi salah satu tantangan bagi kalian pencinta alam maupun sekedar menghilangkan kejenuhan dari segala aktivitas untuk mencoba dan berkunjung kesana.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar