Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Jumat, 23 September 2016

Pemberdayaan UMKM

Pemkab Pamerkan Produk Berkualitas Ekspor

Quote suaramerdeka.com:
Dinperindagkop Kabupaten Banyumas sedang mempersiapkan diri membawa beberapa produk unggulannya yang memiliki kualitas ekspor, untuk diikutkan pada pameran bergengsi tingkat nasional.
Kasi Distribusi dan Informasi Bidang Perdagangan Dinperindagkop Banyumas, Imam Munsyarif, mengatakan, pameran produk yang akan digelar pada bulan depan di Jakarta diharapkan dapat memperluas akses pasar, baik domestik maupun mancanegara. Produk yang diikutkan pada pameran produk kali ini akan lebih selektif, karena produknya harus memiliki kualitas ekspor.
Namun, produk yang dipastikan ikut adalah produk gula kelapa serbuk atau biasa disebut gula semut dan batik tulis. ”Saat ini baru dua produk, tetapi bila ada produk lain yang memiliki kualitas ekspor dapat diikutkan,” kata dia.
Agenda Rutin
Promosi produk lokal melalui pameran, baik tingkat kabupaten, regional, maupun nasional menjadi agenda rutin dan bentuk pembinaan Pemkab Banyumas kepada pelaku UMKM dalam rangka mengenalkan produk unggulannya ke luar daerah.Dengan mengenalkan produk melalui ajang pameran, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan.
Dengan demikian, UMKM di Banyumas akan makin berkembang dan berdaya saing. Pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batik Pringmas, Iin Susiningsih, mengemukakan, pameran produk menjadi salah satu media promosi efektif untuk mengenalkan produk kepada para konsumen dari luar daerah.
Apalagi beberapa kali mengikuti pameran produk, kerajinan kain batik Banyumas mendapat respons positif dari masyarakat. Seperti halnya pameran yang difasilitasi Bank Indonesia Purwokerto di Jakarta, dalam dua hari penjualan kain batik 202 lembar dengan nilai pendapatan Rp 71.865.000.
Harga yang ditawarkan untuk batik tulis dengan kain biasa mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 350.000 per lembar, sedangkan batik tulis kain kereta kencana mulai Rp 500.000 per lembar, menyusul batik kombinasi dan batik cap Rp 115.000 per lembar. ”Pameran produk sangat penting, untuk mengenalkan produk kepada masyarakat,” katanya.

Kadin Beri Motivasi Pelaku UMKM

Kadin Kabupaten Banyumas memberikan motivasi dan pola pengelolaan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Itu untuk memantik semangat dalam berwirausaha.
Wakil Ketua Kadin Banyumas, Arsad Dalimunte, mengatakan, para pelaku usaha perlu dibangunkan semangatnya, sehingga lebih meyakini tentang apa yang mereka upayakan saat ini. ”Mereka juga didorong untuk lebih mengembangkan mimpinya tentang bisnis, sehingga ada upaya lebih keras dan lebih cerdas dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.
Di samping itu, sambung dia, mereka diberi dasar-dasar pengelolaan usaha sehingga lebih berpeluang untuk tumbuh dan berkembang. ”Pelaku usaha diberikan pencerahan tentang bagaimana membangun semangat hidup dan relevansinya dengan usaha yang dijalankan mereka,” katanya.
Dalam presentasinya di hadapan para pelaku UMKM pada kegiatan Sosialisasi Peran UMKM dalam Pengentasan Kaum Miskin & Optimalisasi Potensi Ekonomi Daerah di Kecamatan Purwokerto Barat, Arsad menandaskan, dalam berwirausaha 95 persen tentang keyakinan, mentalitas, sikap, dan semangat memperjuangkan mimpi. ”Lima persen merupakan hal lain tentang teknis operasional usaha,” katanya.
Dia memerinci bahwa pelaku usaha harus meyakini dengan apa yang diperjuangkan, berani mengambil risiko berhasil maupun gagal, selalu optimistis dan berpikir positif, belajar dari kesalahan serta segera beraksi. ”Teknis operasionalnya mengelola kemampuan sendiri dan melibatkan orang lain,” ujarnya. Arsad menambahkan, hal yang paling berpengaruh dalam menyemangati adalah diri sendiri.
Namun saat pikiran bertemu titik buntu, kemampuan bergagasan mentok dan kemudian terjebak dalam frustrasi yang tak berkesudahan, pada saat itu biasanya memerlukan dari luar diri yang membuat semangat tertemukan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...