Entri yang Diunggulkan

Penataan Kota Kecamatan Wangon & Kemungkinan Perluasan Urban

Wangon adalah sebuah kota kecamatan yang lokasinya cukup strategis karena menjadi persilangan jalur utama lalu lintas di jalur selatan...

Rabu, 21 September 2016

1.000 Penderita Katarak Periksakan Diri

Quote suaramerdeka.com 
Gelar pemeriksaan katarak cuma-cuma, Kodim 0701/Banyumas  bersama Walubi mendatangkan dokter dari Nepal. Dalam acara tersebut sekitar 1.000 penderita katarak memeriksakan kondisi matanya.
Kepala Staf Kodim 0701/Bms Mayor Inf Amir Maruf mengatakan, kegiatan pemeriksaan katarak itu digelar dalam rangka ulang tahun TNI. Menurutnya, setelah dilakukan pemeriksaan, pasien akan dioperasi.
“Operasi menurut rencana akan dilakukan pada 23 September sampai 25 September di RS Wijayakusuma Purwokerto,” jelasnya, Rabu (21/9).
Ia mengatakan, pemeriksaan kataraknya yang dilakukan di Makodim 0701/Bms, digelar dua hari, dan akan berakhir hari ini. Kegiatan itu diikuti warga dari wilayah eks Karesidenan Banyumas, Wonosobo, Kebumen, dan wilayah lainnya.
Sementara itu menurut dokter yang memeriksa pasien, dr Ram Singh Tamang, sebagian besar pasien yang memeriksakan kondisi kataraknya telah siap dioperasi. Adapun ciri dari katarak yang siap dioperasi antara lain bila kondisinya sudah terlihat putih.
“Yang datang hari ini, 80 % sudah siap dioperasi,” jelas dokter asal Nepal itu.
Adapun menurut salah seorang warga Mahmudi (81), adanya kegiatan seperti ini, sangat membantu masyarakat. Bagi warga Kemangkon, Kabupaten Purbalingga itu, kegiatan seperti ini ada baiknya digelar secara rutin.
“Saya mengantar istri yang telah dua tahun menderita katarak. Selama ini istri saya tidak bisa melihat, akibat katarak. Dengan adanya kegiatan ini ia berharap istrinya bisa dioperasi sehingga nantinya dapat kembali melihat,” ujar kakek tiga cicit itu.
Seperti terlihat di lokasi, sekitar seribuan peserta pemeriksaan terlihat mengantre di halaman Makodim 0701/Bms. Pihak Kodim 0701/Bms menyediakan tenda sebagai tempat bagi warga menunggu giliran diperiksa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar