Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 24 Maret 2016

Pemdes Kalisalak Kebasen Kembangkan Wisata Adat


BANYUMAS : Setelah mendapatkan Gelar Desa Adat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermas- PKB) Banyumas pada Tahun 2011, Desa Kalisalak terus mengembangkan potensi adat, budaya dan tradisi yang diliki dan dilaksanakan secara turun temurun.
Kepala Desa Kalisalak, Sutrisno saat ditemui, Rabu (23/3) mengatakan adat, tradisi dan budaya yang berkembang didesanya, mendapat perhatian dari pemerintah. Setelah mendapat gelar adat pihaknya mendapat bantuan dari pemerintah pusat.
“Pada bulan Oktober 2015, kami mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk revitalisasi rumah adat yang telah berdiri sebelumnya. Mudah-mudahan dengan diresmikannya rumah adat ini dapat mendukung program desa wisata,” katanya,
Lebih lanjut Sutrisno, mengatakan rumah adat nantikan akan menjadi pusat kegiatan itu terdiri dari tiga bagian utama. Yakni bangunan untuk perkantoran, kemudian balai adat dan galeri yang berisi benda- benda bersejarah peninggalan Amangkurat I.
“Rumah Adat kami sudah diresmikan oleh Bupati Banyumas, Bapak Ir. Achmad Husein, Selasa (22/3) malam lalu” jelasnya.
Sutrisno menjelaskan setiap tahun di desanya digelar berbagai macam acara adat, budaya dan tradisi. Antara lain jamasan jimat dan gebyar suran. Sebagai orang timur, masyarakat sini masih memegang erat adat, budaya dan tradisi Banyumasan serta menjaga alam dengan baik.
“Kami berencana memadukan wisata adat dan potensi alam, karena selain adat dan budaya kami juga memiliki potensi alam berupa air terjun, gua dan sendang yang layak dijadikan tempat wisata. Dan biasanya pada akhir pekan tempat -tempat itu sering dikunjungi warga luar daerah” terangnya.
Nantinya setelah mengunjungi wisata alam, wisatawan dapat sekalian mengunjungi rumah adat yang berisi berbagai benda peninggalan sejarah. Menurutnya pengembangan wisata itu sebagai salah satu upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
“Biasanya pada setiap akhir pekan banyak pedagang yang berjualan di sekitar rumah adat. Hampir setiap akhir pekan ada kegiatan di rumah adat, seperti untuk tempat kumpul komunitas-komunitas seperti komunitas sepeda motor, pecinta alam, pecinta budaya, rombongan keluarga dan sebagainya” pungkasnya.
 
Sumber Foto : http://pemdeskalisalak.blogspot.co.id

Foto Humas Kabupaten Banyumas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar