Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 17 Maret 2016

Lebih luas manakah antara Urban Ajibarang dan Urban Wangon ?




Lebih luas manakah antara Urban Ajibarang dan Urban Wangon ?
2 kota kecamatan ini berdasarkan RTRW BANYUMAS 2005 - 2015 adalah sama sama sebagai pusat sub wilayah pembangunan di kabupaten Banyumas. SWP 2 pusatnya Ajibarang, SWP 3 pusatnya Wangon,



 Banyumas dibagi dalam 5 SWP.





Perkembangan pembangunan saat ini lebih banyak infrstruktur yang dibangun di Ajibarang sehingga secara fisik Ajibarang saat ini lebih maju daripada Wangon dalam hal pelayanan kesehatan,pariwisata, industri dan keuangan. Akan tetapi jika berbicara tentang manakah yang potensial berkembang lebih besar? Mari kita lihat peta pola ruang tentang perkotaan di bawah ini. Warna kuning merupakan urban area yang di dalamnya potensial berkembang sebagai bagian dari wilayah perkotaan dan tumbuhnya pusat pemukiman, perekonomian masyarakat kota. 
Urban Wangon ternyata termasuk yang paling luas di kabupaten Banyumas di luar urban Purwokerto, ini artinya potensi perkembangan perkotaan wangon sangat besar di masa depan.
Warna kuning pada peta di atas menunjukan area urban di kabupsten Banyumas. Purwokerto memiliki area urban paling luas di susul Wangon urutan 2.
Meskipun secara umum  Urban Ajibarang saat ini bisa dikatakan lebih maju daripada Urban Wangon mengingat banyaknya fasilitas publik yang dibangun di Ajibarang seperti Pabrik Semen Bima, RSUD 4 lantai dan sebagainya, tapi berdasarkan peta persebaran urban di atas secara luas Urban Wangon lebih luas daripada Ajibarang. Sehingga dalam perkembangan kota di masa mendatang Kota Wangon bisa lebih luas dari Ajibarang. Mengapa bisa demikian? Mari kita lihat lagi, peta Ajibarang dan Wangon. Ternyata Daerah Perkotaan ajibarang didominasi oleh perbukitan, hanya sedikit yang berupa area datar atau landai. Ini berbeda dengan Area Wangon yang memiliki area datar relatif luas.
Kondisi alam inilah yang membuat perluasan perkotaan ajibarang menjadi terbatas.  Sedangkan Wangon yang bisa berkembang lebih luas ke radius sekitar 7-10 km persegi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar