Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 10 November 2015

Kemranjen Sentra Durian di Banyumas

Harga Durian Tembus Rp 360 Ribu


BANYUMAS – Memasuki musim durian, raja dari segala buah ini banyak diburu para pencintanya, di antaranya di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen.
Belasan penjual buah musiman ini berjajar disepanjang jalan alternatif Somagede – Kemranjen, tepatnya dari Desa Karang Salam hingga jalan ke arah pasar wijahan Kemranjen.
Di awal musim, durian bhineka bawor yang tersohor ini pun harganya sudah mencapai Rp 360 ribu satu buahnya. Pedagang durian bhineka bawor, Darto (45) mengatakan, di awal musim harga durian ini Rp 45 ribu perkilogram.
Karena ukurannya yang besar, satu buah durian bisa mencapai delapan kilogram. Menurut dia, harga durian setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.
“Karena ini baru memasuki musimnya paling berat delapan kilogram. Musim itu sampai Januari 2016 nanti, biasanya ada yang beratnya lebih dari 10 kilogram,” kata Darto.
Harga durian diatas 10 kilogram cukup fantastis. Darno menceritakan, tahun lalu durian 13 hingga 14 kilogram terjual dengan harga Rp 2 juta.
Sebagian besar petani di Desa Alasmalang menanam durian di kebun maupun pekarangannya. Karena Desa Alasmalang banyak persediaan durian, tak heran pembeli dari luar kota memesan durian dan dikirim lewat paket. “Kadang ada juga yang minta dari luar kota, diantaranya Bogor dan Jakarta,” ujarnya.
Karena rasanya yang enak menurut pencintanya, tak heran bila durian ini banyak dicari dan berharga mahal. Untuk Harga bibitnya saja berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 2 juta rupiah.(Radar Banyumas)


Ini adalah potensi wisata juga, jika dikelola secara profesional, misalnya sebagai  dimana pengunjung diajak mampir , atau refreshing /alan jalan menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan  di kebun sekaligus memetik durian langsung di kebun dan makan di tempat. Pastinya akan banyak wisatawan yang tertarik. 

Foto ini adalah kenang kenangan saat saya di daerah transmigrasi Bengkulu Utara, tepatnya di Kurotidur Bengkulu Utara.





 Siapa tahu nantinya Kemranjen  Perkebunan duriannya dijadikan tempat wisata kuliner, jalan jalan dan makan durian di kebun. semoga....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar