Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 09 November 2015

Bendung Gerak Serayu antara Rencana SVR dan Realita

Bendung Gerak Serayu adalah Bendungan yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Kebasen dan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Sudah cukup lama dalam perencanaan bahwa lokasi ini akan dikembangkan menjadi pusat wisata di Kabupaten banyumas dengan konsep serayu Voyage River. Namun saat ini belum terealisasi. Mungkin butuh inves besar investor swasta, mengingat lokasi ini menyajikan panorama alam yang indah. Berikut adalah dokumentasi saya tentang kondisis saat ini kawasan bendung Gerak serayu.

view sisi Rawalo



































view sisi Kebasen












Melihat kondisi saat ini sebenarnya ada aktivitas ekonomi dan wisata meski masih sangat tebatas, seperti festival serayu berupa perlombaan balap perahu. tekait lokasi yang strategis sudah ada lokasi warung makan dan PKL . Tapi ini masih seadanya dan sangat alami. belum ada pengelolaan yang profesional. Masukan atau srana saya terkait pengembangan wisata Bendung Gerak serayu:
a). Pembangunan Pedestrian, penataan area parkir, penataan warung dengan tenda yang seragam.
b). Pembangunan Taman dengan desain yang berkualitas bukan seketar taman yang biasa dibangun oleh kota Kabupaten.
c). Mengadakan event secara teratur  setidaknya dalam satu minggu ada acara yang digelar apakah itu berupa festival kentongan, teater, seni ataupun olah raga.
d) terkait point c) bisa dilakukan dengan koordinasi antara Kecamatan Kebasen dan kecamatan Rawalo ,  Dinas Pariwisata dan Budaya serta pihak Swasta ( Hotel, Restoran, Agen Perjalanan wisata)
e) Ciptakan rasa aman dengan patroli yang intens melibatkan warga setempat.
f) Pembuatan Bangunan ikonik , misalnya tulisan Raksasa di Bukit sebelah selatan yang menyala terang saat malam hari. Contoh tulisan : Banyumas Satria.

Semoga ada evaluasi besar besaran, mengapa rencana besar ini belum berkembang. Pemda Banyumas harus segera bertindak, karena ini adalah salah satu infrastruktur yang menunjang perekonomian Kabupaten Banyumas jika terjadi pemekaran wilayah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar