Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 30 November 2015

Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Banyumas

( Radar Banyumas) Dari 39 Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyumas, belum ada yang terakreditasi. Bahkan di Provinsi Jawa Tengah, baru ada empat Puskesmas di Kabupaten Wonosobo yang terakreditasi.
Kepala Bidang Pembinaan dan Pengendalian Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Banyumas Agus Nugroho MKes mengatakan, saat ini akreditasi Puskesmas di Kabupaten Banyumas terus berjalan dan sudah sampai tahap pendampingan akreditasi.
“Jadi belum ada puskesmas yang terakreditasi, karena semua sedang persiapan untuk proses akreditasi,” katanya.
Ada sembilan tahapan dalam akreditasi puskesmas. Yakni workshop akreditasi, pelatihan akreditasi puskesmas, pelatihan audit internal, pelatihan pendampingan akreditasi, pendampingan akreditasi, penyusunan dokumen akreditasi puskesmas, pra penilaian, rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi, dan penilaian akreditasi oleh assesor pusat.
“Target kita pada 2017 sudah sampai tahap penilaian. Meskipun batas waktu secara nasional hingga 2019,” lanjut dia.
Ditambahkan Agus, saat ini di Provinsi Jawa Tengah hanya ada empat puskesmas di Kabupaten Wonosobo yang telah terakreditasi. “Yang saya ingat ada Puskesmas Garung, Selomerto, Wonosobo 1 dan satunya saya kurang ingat. Mereka sudah terakreditasi sejak Juli atau Agustus 2015,” terangnya.
Salah satu faktor yang membuat keempat puskesmas di Wonosobo cepat terakreditasi, karena masuk sebagai percontohan atau pionir.***

Sebenarnya secara fisik, hampir semua Puskesmas di Kabupaten Banyumas sudah memenuhi standar. meski bukan di kota besar , mayoritas sudah dibangun 2 lantai dengan fasilitas yang lengkap dan memiliki fasilitas rawat inap serta UGD 24 jam. 

Sebagai contoh Puskesmas Wangon I yang berlokasi di jl Raya Barat Wangon ini. Sudah dilengkapi monitor dan antrian elektronik. serta banyaknya CCTV. 

Dan semua Puskesmas di Kabupaten Banyumas memiliki bentuk atau warna gedung yang standar seperti ini, keculai di Purwojati karena saya pernah lihat. 





Lantai 2












Tidak ada komentar:

Posting Komentar