Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 17 November 2015

Provinsi Banyumas ( Grand Design Provinsi Jawa Tengah 2020-2025)




Tulisan ini  bukan khayalan, tapi Ini hanya menanggapi berita berdasarkan sebuah topik di sebuah media besar nasional. Bahwa salah satu Daerah yang potensial menjadi Provinsi di Jawa Tengah salah satunya adalah Banyumas. Dalam Proyeksi tahun 2020 -2025 beribukota Purwokerto, dimekarkan dari Kabupaten Banyumas .Kota yang berbudaya Banyumasan atau berbahasa Ngapak tidak semua tercakup menurut saya. secara real daerah Banyumasan meliputi Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjar Negara. Secara potensi ada penambahan wilayah dari Kebumen, Wonosobo, dan Bumiayu jika sukses mekar dari kabupaten Brebes. Dan Jika Majenang berhasil terwujud menjadi kabupaten sendiri maka setidaknya ada daerah : Kota Purwokerto, Majenang, Banyumas, Cilacap, Bumiayu, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Randudongkal dan Wonosobo. sedangkan daerah Pantura, Brebes,Tegal tidak dimasukan karena ada fakta beberapa tahun lalu saat isu provinsi Banyumas wilayah ini menolak . Saya rasa wajar karena secara teknis dan geografis tidak ada masalah dengan urusan ke Semarang, sarana transportasi baik dan lancar karena sudah adaanya TOL , Double track, maka tak ada persoalan teknis. Sedangkan Bumiayu ada peluang masuk karena kedekatan dengan Purwokerto. Demikian juga Randudongkal dan sekitarnya sangat dekat dengan Purbalingga dan Purwokerto. Dengan penambagah Kebumen dan Wonosobo tak lepas dari eratnya hubungan transportasi , dan secara potensi juga sangat besar, maka provinsi ini akan memiliki daya saing kuat.

Maka jika pemekaran Purwokerto menjadi kota dipisahkan dari Kabupaten  Banyumas dalam jangka waktu 20I8 - 2020 maka peluang Banyumas menjadi Provinsi beribukota dalam jangka waktu 5 tahun berikutnya adalah sesuatu yang logis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar