Langsung ke konten utama

Potensi Desa Wlahar Wangon

Pemerintah Desa Wlahar Kecamatan Wangon meminta Pemkab Banyumas dapat mendorong pengembangan wisata spa alami di Desa Wlahar. Pengembangan wisata ini diharapkan dapat mengurangi stigma negatif Wlahar sebagai produksi minuman beralkohol Ciu Cikakak
Kepala Desa Wlahar, Jasmin mengatakan wacana pengembangan wisata spa alami ini telah disampaikan oleh pejabat dari Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas beberapa waktu lalu. Dalam komunikasi tersebut, dirancang potensi spa alami desa setempat akan diintegrasikan sebagai paket wisata di wilayah Banyumas lainnya. “Kalau di Eropa atau daerah lain sudah menggarap serius potensi ini, mengapa di sini tidak digarap. Makanya dukungan dari berbagai pihak untuk mendorong pembinaan atau memberdayakan potensi lokal yang ada ini,” jelasnya. Dijelaskan Jasmin, selama ini keberadaan produksi ciu Cikakak memang masih apa adanya. Artinya, kata dia pengelolaan dan pemasaran ini dilaksanakan sebagaimana adanya. Untuk itulah ia berharap wacana pengembangan wisata spa alami ini bisa mengangkat nilai tambah ekonomi dari produksi lokal tersebut. “Pernah dulu direncanakan untuk dikonversi menjadi semacam bioetanol. Namun memang ongkos produksi dan harga di pasarannya tidak seimbang. Makanya kami menyambut baik berbagai upaya untuk pengembangan ekonomi para perajin ini,” katanya. Berdekatan dengan Desa Wlahar, juga terdapat Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Di desa ini juga terdapat situs cagar budaya berupa Masjid Saka Tunggal dan juga Taman Kera Cikakak. Selama ini potensi wisata yang ada di desa baru sebatas sebagai wisata ziarah dan tradisi belaka.

Potensi Tempat Wisata lain di Wlahar :

1. Jembatan Pekodokan ialah jembatan penghubung antara Wlahar dan Pekdokan yg di bawahnya terdapat sungai yang bernama sungai Tajum. Sungai Tajum itu aliran dari bendungan Tajum yg terdapat di Tipar. Lokasi jembatan Pekodokan di sebelah timur desa Wlahar yg dekat dgn gunung Putri.

2. Bedeng ialah nama tempat yg berada disebuah gunung yg bernama gunung Putri. Bedeng inì temptnya sangat indah, banyak ditumbuhi pohon cemara. Tempat ini paling ramai saat bulan puasa karena banyak orang yg berjalan jalan kesana.Dari sana bisa melihat pemandangan yang indah di bawahnya.
 

3. Talang ialah tempat yg berlokasi di sebelah utara Wlahar. Tempat ini cukup indah, banyak hamparan sawah dan sungai. Ada 2 sungai yaitu Sungai Tajum dan Sungai Glagah.

Pembangunan Infrastruktur



Pemerintah Desa Wlahar Kecamatan Wangon saat ini berencana membangun jalan desa menuju Grumbul Pekodokan Pereng. Pasalnya selama ini wilayah dusun tersebut tak mempunyai akses jalan yang langsung menuju pusat desa setempat. Kepala Desa Wlahar, Jasmin mengatakan rencana itu juga telah diajukan pada pemerintah kabupaten. Ia berharap agar pembuatan jalan baru sepanjang 1,5 kilometer itu dapat memperoleh bantuan dari pemerintah. Hal ini penting untuk mendorong kemajuan ekonomi warga setempat. “Selama ini wilayah itu yang ditempati sekitar 300 warga dan dua RTtersebut terbilang terisolir. Ketika harus ke desanya sendiri, mereka harus melewati wilayah Perhutani dan Desa Kaliwangi, baru bisa ke pusat Desa Wlahar. Makanya sangat memprihatinkan,” katanya. Dijelaskan Jasmin, warga sudah mendukung proses pembebasan lahan untuk pengadaan jalan. Untuk itulah ia berharap ada respon positif dan dukungan dari pemerintah daerah untuk membantu warga dalam pengadaan jalan baru ini. Diharapkan dengan adanya jalan baru tersebut maka harga tanah wilayah setempat akan terus meningkat. “Kami berharap wilayah ini akan menjadi wilayah pengembangan permukiman, sehingga ke depan perumahan tidak harus menggusur wilayah areal pertanian di desa tersebut. Kami berharap secepatnya dapat terwujud,” jelasnya. Tujuan Wisata Warga Wlahar, Kadiwan mengatakan untuk menunjang aktivitas transportasi ke wilayah Ajibarang, masyarakat Wlahar kebanyakan masih menggunakan angkutan pedesaan jurusan Purwojati-Wangon-Ajibarang. Sebagian lain memanfaatkan jasa ojek dan mikrobus. Seperti diketahui sebagai daerah di wilayah Kecamatan Wangon yang berbatasan dengan wilayah Purowojati, Wlahar diwacanakan menjadi salah satu tujuan wisata. Sebagian warganya yang masih memproduksi arak tradisional yang disebut ciu, pernah diwacanakan untuk tujuan wisata spa alami. Diharapkan dengan adanya potensi tersebut dapat diintegrasikan dengan wisata perbukitan Gunung Putri dan Taman Kera Cikakak. Namun wacana itu timbul tenggelam dan saat ini pemerintah desa berharap agar wacana tersebut dapat direalisasikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…