Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 10 November 2015

Gumelar Sentra Peternakan kambing Etawa

Gumelar Jadi Sentra Peternakan Kambing Etawa Nasional 










BANYUMAS : Kecamatan Gumelar merupakan daerah dengan peternak kambing peranakan etawa (PE) terbanyak di Kabupaten Banyumas. Bahkan budidaya kambing peranakan etawa yang dikembangkan para peternak sudah dikenal masyarakat di luar Kabupaten Banyumas. Karena itu, wilayah Kecamatan Gumelar akan dicanangkan sebagai sentra peternak kambing etawa nasional.
"Kami masih menunggu pedoman umum Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan di Jakarta, lagi digodok. Mudah-mudahan akhir ini Oktober sudah selesai, selain itu juga kami sedang menyiapkan persyaratan yang masih kurang. Semoga paling telat bulan November atau Desember sudah bisa dilaksanakan deklarasi bahwa Gumelar jadi sentra peternak kambing peranakan etawa nasional," kata Ir H Sugiyatno, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas, selasa (27/10) saat acara Saresehan dan Lomba Kontes Ternak Kambing PE di lapangan Gumelar.
Peternak secara individu ataupun kelompok peternak kambing etawa di Kecamatan Gumelar dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal itu dapat dilihat dari peserta kontes kambing etawa yang digelar ketiga kalinya setiap tahun mengalami peningkatan drastis dari segi peserta yang ikut. "Kali ini yang terdaftar ikut kontes ternak kambing etawa ratusan yang memperebutkan trofi dan uang pembinaan bertujuan memberikan penghargaan kepada peternak terhadap prestasi hasil budidaya dan pembibitan yang telah dicapai," kata Ir Sri Widayanti, ketua panitia kontes ternak kambing PE.
Wakil Bupati Banyumas, dr Budhi Setiawan pun mengatakan budidaya kambing PE di Gumelar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Pemkab mengapresiasi pada budidaya ternak kambing peranakan etawa di Gumelar. Tak hanya postur tubuhnya lebih gagah, daging lebih empuk dan susu kambing etawa memiliki keungulan dibanding kambing jenis lain, nantinya orang-orang luar Banyumas berbondong-bondong ke Gumelar karena ada sesuatu yang dicari satu di antaranya kambing etawa sebagai unggulan Kabupaten Banyumas," ujarnya.
( Humas Pemkab Banyumas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar