Langsung ke konten utama

Gerakan Save Mendoan

 Gerakan Save Mendoan



PURWOKERTO – Untuk “menyelamatkan” mendoan, mulai muncul gerakan save mendoan. Gerakan ini muncul pada Jumat (6/11), sebelum pemkab menggelar festival mendoan pada Minggu (8/11).
Dukungan tersebut melalui petisi ‪#‎SaveMendoan‬ “Mendoan Milik Kita Bersama” di www.mendoan.id, dimana masyarakat diminta mendukung petisi tersebut. Didalam situs tersebut tertulis “Mendoan milik kita semua. Bukan milik perseorangan. Sudah seharusnya Kemenkum HAM mengkaji ulang pemberian sertifikat merek ‘Mendoan’ untuk Fudji Wong”.
Dukungan tidak hanya dari warga Banyumas, namun juga warga lain. Masyarakat Malang Aditya Arifandi Muslim menulis : Mendoan itu sudah hak milik orang Jawa, khususnya Wong Banyumas. Kalau sudah milik bersama (apalagi sebuah identiti) nggak bisa diganggu gugat. Batik diklaim tetangga saja protes, gimana mendoan yg diklaim satu orang? Sudahlah, mendoan itu sudah kaya batik. Ini milik semua rakyat. Jangan dimonopoli lah. Kasihan warga lain nanti. Kalaupun ambil kasus kopitiam, ingat bung itu dimana? Malaysia bukan? Sistem hukum kita aja beda sama Malaysia. Jadi mekanisme yang
mengatur pun juga beda dong.
Banu Narendra (Jakarta): Mendoan milik kita semua, saya tidak setuju bila dimiliki oleh perorangan. Saya dukung petisi ini.
Sementara menurut Ketua Hackathon Banyumas Pri Anton Subagyo, awal mula dibuatnya petisi mendoan setekah ramainya pemberitaan dimana Fudji Wong menjadi pemegang hak eksklusif merek dagang mendoan.
Petisi tersebut selain memberikan dukungan juga terdapat kolom komentar untuk mengukur sebanyak apa dukukangan serta komentar yang dilayangkan untuk mendukung mendoan agar hak merek tidak dimiliki perorangan.
“Kita bikin portal dengan komentarnya agar kita tahu sebenarnya bagaimana respon masyarakat tentang mendoan ini. Katanya Fudji Wong mau mengembalikan hak merknya. Porta ini juga bisa untuk menampung kebebasan berfikiri teman2 seperti apa tanggapan orang Banyumas, diberbagai wilayah,” ujarnya.
Pembuat Portal www.mendoan.id Raka Aditya Satria mengatakan, portal tersebut akan tetap ada hingga masalah merek mendoan selesai. “Sebenarnya niat awalnya bikin ini cuma iseng. Sama sekali nggak ada tujuan buat petisi serius. Tapi ternyata antusias masyarakat tinggi,” katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…