Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 07 November 2016

Perawatan Kurang, Kinerja Biogas Menurun

Quote suaramerdeka.com :

Akibat minimnya perawatan rutin, kinerja biogas limbah ternak sapi dari kelompok peternak sapi Gondang Mas Sejahtera, Dusun Gondangmanis, Desa Ajibarang Kulon, Ajibarang, tak berjalan secara maksimal selama sebulan terakhir.
Pengurus kini berusaha kembali mengaktifkan partisipasi anggota kelompok ternak tersebut. Hal itu disampaikan oleh Ketua Kelompok Ternak Gondang Mas Sejahtera, Ridwandijaya (50), belum lama ini.
Peran aktif anggota kelompok ini sangat diperlukan dalam rangka peningkatan kinerja instalasi biogas yang sebelumnya telah mengaliri biogas secara gratis kepada tujuh dari dua belas rumah tangga peternak setempat.
“Kami mengomunikasikan kembali kendala ini kepada para anggota kelompok, agar biogas ini bisa berproduksi lagi secara maksimal. Karena tanpa perawatan rutin, maka kelancaran produksi biogas bisa terganggu,” jelasnya. Dijelaskan Ridwan, dengan pasokan limbah dari sekitar 28 ternak sapi yang ada di kandang kelompok tersebut, sebenarnya biogas yang dihasilkan cukup untuk mengaliri 10 rumah tangga.
Namun hingga sekarang baru tujuh rumah tangga saja, karena terbatasnya fasilitas kompor modifikasi untuk biogas. Dijelaskan Ridwan, saat ini kelompok ternak sapi dusun setempat telah mendapatkan bantuan infrastruktur instalasi dan reaktor pengolah limbah menjadi biogas dari pemerintah.
Reaktor biogas pertama dengan kapasitas kecil untuk mengaliri dapur Sekretariat Poknak Gondang Mas Sejahtera berasal dari Kementerian Pertanian. Sementara reaktor biogas yang telah dimanfaatkan oleh lima rumah tangga sekitar kandang sapi tersebut berasal dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas.
“Kalau sebelumnya diameter biogesternya (penampung sekaligus pengolah limbah) hanya 1,5 meter, sedangkan yang kedua berdiameter sekitar lima meter, sehingga bisa menampung banyak limbah ternak sapi yang adadi sini.
Makanya biogas yang dihasilkan pun lebih banyak,” jelasnya. Pemanfaat biogas, Sumardi, mengaku sangat terbantu dengan adanya biogasgratis tersebut. Sebelumnya dia tak pernah terpikir akan mendapatkan berkah dari limbah ternak sapi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar