Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 15 November 2016

Khasiat Tanaman Azolla Hemat Biaya Pakan Ternak

Quote suaramerdeka.com :







SM/dok TANAMAN AZOLLA : Narpun menjelaskan manfaat tanaman Azolla kepada Kapenrem 071/Wijaya Kusuma Mayor CBA(K) Roro Sri Harjani, belum lama ini.(45)
SM/dok
TANAMAN AZOLLA : Narpun menjelaskan manfaat tanaman Azolla kepada Kapenrem 071/Wijaya Kusuma Mayor CBA(K) Roro Sri Harjani, belum lama ini.(45)














Hemat Biaya Pakan Ternak Rp 1 Juta Setiap Bulan
BERBICARA tentang tanaman azolla, mungkin banyak yang belum tahu jenis tanaman satu ini. Meskipun kurang begitu populer, namun manfaat dari tanaman air ini banyak, khususnya bagi petani maupun peternak.
Menurut Tim LPPM Fakultas Pertanian Unsoed Supartoto, azolla yang memiliki nama latin azolla microphylla merupakan tanaman air produsen bahan organik, yang memiliki pertumbuhan cepat. Menurutnya, dalam waktu 24 hari bobotnya bahkan bisa menjadi 20 kali lipat tergantung kesuburan air. Sebagai sumber pakan organik, azolla memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, gula terlarut dan serat kasar sehingga disukai oleh ikan dan ternak.
Lebih lanjut dia mengatakan, selain sebagai sumber pakan organik, kolam yang ditanami azolla juga memiliki kandungan oksigen yang tinggi, sekitar delapan ppm. Pada kolam yang tidak memiliki azolla kandungan oksigen biasanya hanya sekitar tiga sampai lima part per million (ppm).
Kondisi itu, dapat ikut menunjang pertumbuhan ikan. Siapa sangka tanaman air itu, akan bisa ikut mengubah nasib orang. Sebab ternyata tanaman ini, dapat menunjang pelaksanaan sistem pertanian terpadu.
Dengan sistem tersebut petani tidak hanya mendapat keuntungan dari satu komoditi saja, melainkan dapat mendapat keuntungan dari beberapa komoditi, yang tentu bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Bahkan, kata dia, azolla dapat dijual kondisi basah mencapai Rp 20 ribu/kg.
Manfaat itu diakui salah satu petani asal Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Sumbang, Narpun, yang mengaku semenjak budi daya tanaman azolla, merasakan betul manfaatnya. Sekitar 2010 pendapatan para petani, khususnya petani penggarap di daerahnya kurang. Setelah beberapa hari bekerja baru mendapat upah dari hasil panen.
Itupun, bisa dikata merugi bila dihitung dengan biaya produksi. Namun demikian, kondisi itu berangsur berubah setelah mempraktikkan teknik budi daya unggas bersama dengan tanaman azolla. Dia mengaku pertama kali mengenal tanaman azolla sekitar lima tahun lalu.
Dia mengatakan, manfaat tanaman ini cukup besar, terutama bagi pakan unggas dan itik. Bahkan, azolla dapat diolah menjadi pupuk organik. Salah satu manfaat yang didapatkan dari tanaman azolla, adalah ternak peliharaannya relatif sehat dan tidak pernah terserang penyakit, kendati tidak diberi vaksin, maupun obat kimiawi.
Selain ternak peliharaannya tahan terhadap penyakit, azolla juga dapat menambah dan meningkatkan bobot ternak. Dari pengalamannya, ternak berupa mentok dalam kurun waktu 60 hari memiliki bobot daging tanpa bulu mencapai 2,6 kg, hanya menggunakan pakan dedak atau azolla. Menurut Narpun saat ini memelihara 100 ekor itik dengan kebutuhan pakan seharinya 1,2 ons/ekor.
Jadi sehari dengan 100 ekor itik butuh 12 kg pakan. Setelah mengenal azolla, 50% pakan ternak dan ikan dipenuhi dengan tanaman ini. Dan jika dihitung harga pakan sekarang setiap 1 kg berkisar Rp 6 ribu. Narpun pun dapat menghemat biaya pakan sekitar Rp 1 juta dalam sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar