Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 07 November 2016

Banyumas Perlu Pasar Unggas

Quote suaramerdeka.com :

Pasar khusus unggas, perlu dibangun di Banyumas. Hal itu mengingat potensi unggas di sana cukup besar

“Pasar khusus unggas pada masa mendatang diperlukan, sebab potensinya cukup besar, semisal ayam bangkok,” kata Kepala Bidang Pasar dan PKL Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Dinperindagkop) Banyumas, Amrin Maruf. Menurutnya, bila ada pasar khusus untuk unggas, potensi yang ada bisa lebih tergali. Adapun lokasi-lokasi yang memiliki potensi peternakan unggas cukup baik, antara lain Sumpiuh, Tambak, Banyumas, dan Ajibarang.
“Banyumas terkenal dengan ayam bangkok yang memiliki kualitas bagus, itu saya ketahui justru ketika ada teman dari Jawa Timur yang sengaja mencari ayam bangkok di Banyumas, karena menurutnya kualitasnya bagus,” ujarnya. Sementara itu, sejauh ini pasar dengan komoditas khusus di Banyumas yang sudah ada antara lain Pasar Ikan Hias Mina Restu di Purwanegara, dan Pasar Burung Peksi Bacingah.
Dua pasar tersebut, menjadi lokasi pusat perdagangan ikan hias, serta burung berkicau di Banyumas. Adapun untuk mengembangkan potensi ikan hias di Banyumas, Pemkab melalui Dinakkan juga berencana membangun tempat pembibitan ikan hias, senilai Rp 150 juta.
“Kami saat ini sedang membangun tempat pembibitan ikan hias, di Sidaboa,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakkan) Banyumas, Widarso. Dia mengatakan lokasi pembibitan ikan hias tersebut nantinya diharapkan dapat ikut meningkatkan produksi ikan hias di Banyumas.
Seperti diketahui saat ini Banyumas telah memiliki pasar khusus yang memperjualbelikan ikan hias. Adapun pembangunan Pasar Burung Peksi Bacingah sejauh ini masih terus dilakukan. Pembangunan pasar yang nantinya diwacanakan menjadi pasar umum itu, direncanakan dilakukan dalam dua tahap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar