Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 10 Mei 2017

Sentra Budaya Kalitanjung Jadi Destinasi Alternatif

Sentra budaya Kalitanjung di wilayah Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, diharapkan menjadi destinasi wisata alternatif selain Baturraden. Kawasan itu akan mengandalkan wisata seni dan budaya. ”Sejak dahulu Tambaknegara itu memang desa wisata.
Tinggal ditingkatkan statusnya sebagai sentra budaya, karena di sana memang banyak seni tradisi masyarakat yang unik,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko, kemarin.
Deskart menuturkan, kesenian yang unik itu antara lain gandalia, lengger lanang, sinden lanang, ebeg dan buncisan. Kelompok kesenian Desa Tambaknegara juga kerap menjadi juara dalam event tingkat kabupaten.
Secara Rutin
Terkait kunjungan wisata, kata dia, meski belum secara rutin, Kalitanjung kerap menjadi rujukan untuk penelitian dari kalangan akademisi hingga komunitas fotografi. ”Tiga tahun terakhir, pengunjung Grebeg Sura Kalitanjung mulai meningkat,” tambahnya.
Pegiat Pokdarwis Tirta Kencana Desa Tambaknegara, Dewi Kamawati, menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembentukan badan usaha masyarakat desa (BUMDes). Lembaga ini nantinya yang akan menaungi usaha dan kegiatan kepariwisataan.
”Dulu masih berbentuk kelompok sadar wisata saja. Nanti akan berkembang menjadi BUMDes untuk mempermudah pendanaan dan kegiatan usaha lain,” jelasnya.
sumber suara merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar