Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 19 Mei 2017

2018, Gedung Kesenian Difungsikan

Pembangunan lanjutan gedung kesenian yang berada di Jalan Pancurawis, Purwokerto Selatan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Gedung itu menurut rencana akan mulai difungsikan awal tahun depan. Kasi Penataan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas, Imam Wibowo, mengatakan tahun ini Pemkab telah mengalokasikan anggaran sebanyak 2,4 miliar untuk menyelesaikan bangunan yang mulai dibangun sejak 2014 lalu itu.
”Anggaran tersebut direncanakan untuk melengkapi fasilitas gedung teater tertutup dengan akustik atau peredam suara. Selain itu kami juga akan melakukan penataan jalan masuk, halaman serta tembok keliling,” katanya, kemarin. Pihaknya juga akan mengupayakan mengusulkan anggaran tambahan melalui APBD perubahan 2017.
Anggaran itu akan digunakan untuk melengkapi fasilitas yang lain, meliputi kebutuhan pencahayaan (lighting) dan sound sistem. ”Setelah pembangunan tahap ini selesai, gedung kesenian sudah dapat difungsikan dan digunakan untuk masyarakat seni Banyumas. Untuk pemenuhan fasilitas lain yang diperlukan, akan dilengkapi secara bertahap,” jelas dia.
Berdasarkan konsep yang telah disusun, gedung itu diproyeksikan sebagai taman budaya yang akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Antara lain tempat tribun terbuka dan tertutup, kemudian tempat pertemuan dan fasilitas pendukung lain.
Terkait dengan pengelolaan gedung, Kepala DPU, Irawadi, mengatakan akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Setelah bangunan selesai, pihaknya berencana menyiapkan pertunjukan sebagai tanda difungsikannya bangunan itu.
”Untuk penggunaannya nanti kami akan berkoordinasi dengan (bidang) kebudayaan terlebih dahulu. Setelah bangunan selesai, nanti peresemiannya ditandai dengan pertunjukan kesenian,” kata dia. Seperti diberitakan, para seniman mempertanyakan selesainya pembangunan gedung kesenian. Pembangunan gedung yang diproyeksikan sebagai pengganti Gedung Kesenian Soetedja itu sampai kini belum rampung.
Salah satu seniman di Purwokerto, Surya Esa, mengaku kecewa dengan kondisi itu. Ia menilai Pemkab telah ingkar janji, karena dahulu pembangunan gedung kesenian direncanakan selesai bersamaan dengan pembangunan Pasar Manis Purwokerto. 
sumber suara merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar