Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 14 Agustus 2017

Sedekah Bumi Desa Gerduren Purwojati



img-20170813-wa0023.jpgimg-20170813-wa0024.jpgimg-20170813-wa0022.jpg
Foto kiriman Umiyati Glempang Geduren kecamatan Purwojati beberapa waktu lalu .  Sedekah bumi pada dasarnya adalah ungkapan rasa syukur dan tidak berkaitan dengan syirik atau menyembah berhala ini yang perlu diluruskan bagi  sebagian orang yang terlalu kaku dan sempit dalam memahami arti bidah dan turunannya. Dalam kalender jawa dikenal dengan bulan Apit  sehingga dikenal juga dengan nama apitan. Bulan Apit itu nama bulan sebelum Aji atau Dzulhijah.
Biasanya masyarakat mendahului acara dengan bersih desa yaitu membersihkan lingkungan umum di sekitar tempat tinggal lalu biasanya setelah memasuki lingsir atau matahari tegelincir para warga beserta keluarga masing masing membawa nasi dan lauk pauk mereka menempatkan diri di sekeliling jalan desa .  Acara di akhiri dengan makan bersama.
Tiap desa ternyata tidak sama waktu pelaksanaannya tegantung keputusan pengurus desa masing masing contoh desa yang melaksanakannya duluan misalnya Sebagian  Tinggarjaya ,  Bantar di kecamatan Jatilawang ,Cikakak kecamatan wangon . Dan hari minggu kemaren 13 Agustus 2017 dilaksanakan di sebagian Gerduren kecamatan Purwojati dan Kedungwringin kecamatan Jatilawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar