Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 11 Agustus 2017

Brimob dipelopori Putra Banyumas R Soemarto

Ternyata satu lagi yang baru saya ketahui tentang Institusi yang dipelopori oleh Putra Banyumas selain BNI 46 , BRI ternyata Brimob juga.


Mengenang Jasa Putra Banyumas Penggagas Brimob, Patung R Soemarto Diresmikan 

Jasa Komjend Pol Purn R. Soemarto sangat besar bagi institusi Polri. Salah satunya adalah mengggas pasukan polisi istimewa yang kemudian diubah namanya menjadi Mobile Brigade (Brimob). Wakapolda Jawa Tengah, Brigjend Indrajit menyatakan, latar belakang pembangunan patung Komjend Pol Purn R. Soemarto adalah sebagai pemberian penghormatan. 

PENCET TOMBOL : Wakapolda Jateng didampingi perwakilan keluarga Letkol R Sumarto memencet tombol sebagai tanda peresmian berdirinya patung Letkol R Soemarto di halaman SPN Purwokerto, kemarin. 

 Juga untuk mengenang sejarah salah satu tokoh kepolisian. Sebab putra asli Banyumas tersebut telah berjasa dalam membangun dan membesarkam organisasi Polri. “Ini sebagai langkah mengenang jasa para pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Beliau (Komjend Pol Purn R. Soemarto, red) pernah menjabat sebagai Wakapolri,” ujarnya. Menurut dia, pada saat kepemimpinan R Soemarto, Jawatan Kepolisian Pusat yang bertempat di Jakarta dipindahkan ke Purwokerto. Saat menjabat Wakapolri, dia berinisiatif mengubah nama pasukan polisi istimewa menjadi Brimob. 

“Penamaan Brimob dilakukan dengan pertimbangan agar pasukan polisi istimewa, menjadi kesatuan yang berdisiplin tinggi, kompak, loyal, penuh dedikasi dan mampu bergerak cepat dan dinamis dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakat,” ungkap dia. Indrajit menambahkan, pembangunan patung R. Soemarto di depan Gedung Soebarkah SPN Polda Jateng, tidak lepas dari dedikasi dan loyalitas pria kelahiran Sukaradja 3 Agustus 1901 itu.

 “R. Soemarto sosok insan polri yang jujur, disiplin, berdidikasi tinggi dan taat beragama. Patung ini, diharapkan mampu menginspirasi generasi polri meneruskan perjuangan dan menjadikan R. Soemarto sebagai suri tauladan,” ungkap Wakapolda. Untuk mengenang jasa R. Soemarto, nama Soemarto juga digunakan diabadikan sebagai nama jalan di Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara. Nama jalan tersebut adalah Jalan Raya Letjend Soemarto, tepatnya di sepanjang jalan depan SPN Purwokerto Polda Jateng. Patung R. Soemarto dibuat dengan bahan semen beton berkerangka besi, kawat kasa, warna tembaga keemasan dan finishing akrilik dengan pondasi kaki berplat. Patung setinggi 4 meter dengan berat 850 kilogram, dibuat oleh Ir. Sutikno dari sanggar seni Gedong Songo Ungaran.

Sumber: Radarbanyumas.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar