Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 18 Agustus 2017

Mengatasi Kekurangan Air di Musim Kemarau


Ketika saya melintasi jalan di Kebasen menyisiri pinggiran kali Serayu saya terpukau pada pemandangan di sekitar bedung gerak Serayu ini. 
Mungkin bisa jadi inspirasi bagaimana cara mengatasi kekurangan air saat musim  kemarau  di beberapa wilayah

1) penghijauan di hulu sungai dan DAS.

2) pembuatan bendungan mini di tiap anak sungai jadi sebelum air dari kalen atau anak sungai mengalir menyatu dengan sungai air tekumpul dulu dibendungan mini bisa dimanfaatkan go pengairan maupun sumber air bersih dengan catatan sepanjang daerah aliran kalen pepohonan harus dijaga jika tandus segera reboisasi .

3) jika point 1 dan 2 sudah terpenuhi bisa dipikirkan dengan membangun talang air dari bendungan terdekat saya terinspirasi bendungan serayu yang dilengkapi sistem pompa dan talang untuk pengairan di Sampang dan sekitarnya yang sangat jauh bahkan hingga kabupaten tetangga .

4) akan lebih efektif lagi jika membangun embung atau waduk mini dan air dari saluran yang berasal dari bendungan yang dipompa ini dialirkan ditampung juga ke embung dan dibuat kebun buah di sekitarnya tentu berpotensi menjadi pusat wisata edukasi, ekologi dan mengangkat perekonomian warga sekitar bisa mendorong pusat kuliner jika pada akhirnya menjadi lokasi pilihan masyarakat luar untuk berwisata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar