Langsung ke konten utama

Awal Mula Berkembangnya Perkotaan Purwokerto



Faktor awal  berkembangnya Purwokerto didorong oleh KAI Daop V , RRI dan Unsoed. Sejarah Daop v Purwkerto perkiraan tahun 1917-1918 dengan dibangunnya stasiun Purwokerto dan REL penghubung Cirebon Kroya . RRI Purwokerto didirikan pada tanggal 11 September 1945. Sejarah unsoed purwkerto berdiri 23 September 1963, Periode 2 berkembangnya Purwokerto adalah munculnya pusat pendidikan baru, rumah sakit, pusat kuliner dan pengembangan GOR satria Periode 3 perkembangan Purwokerto adalah menjamurnya hotel baru , gedung vertikal dan pusat belanja. 

Awalnya di kawasan Banyumasraya yang paling pertama berkembang adalah Kota Banyumas , kita menyebutnya dengan istilah kota lama. Berkembang sekitar tahun 1582 atau 1577 berdasarkan berita babad atau yang beberapa waktu lalu sempat kisruh tentang pergantian hari jadi kabupaten Banyumas tapi yang pasti adalah pada kurun waktu itulah Banyumas berkembang memiliki pusat pemerintahan sendiri.
Sedangkan Purwokerto awalnya merupakan desa Paguwan yang dibangun di sekitar kali Kranji pada era setelah geger pecinan sekitar tahun 1800an. konon dibangun oleh pelarian dari keraton Surakarta yang salah satunya dikenal sebagai mbah Purwokarta. 
Sebenarnya pada masalalu sekitar Purwokerto pernah menjadi pusat pemerintahan Pasirluhur tapi berbeda dengan sejarah desa paguwan meskipun secara wilayah tidak jauh. Wilayah Pasirluhur yang sudah redup dahulu berpusat disekitar karanglewas dan Purwokerto barat. Berada di DAS Kali Logawa.

Pada tahun 1830 Karesidenan Banyumas berdiri dan beribukota di Banyumas. Sedangkan Purwkerto saat itu menjadi baian dari Kabupaten Ajibarang . Baru pada tahun 1832 dengan alasan bencana ibukota Kabupaten Ajibarang dipindah ke Purwokerto. Namun seiring berkembangnya teknologi dengan ditemukan mesin lokomotif wilayah yang beruntung dibangun jaringan Rel adalah Purwokerto. Sejak itu peran Purwokerto meningkat dan semakin penting menyaingi Banyumasdan Sokaraja yang sebenarnya lebih dulu menjadi pusat perdagangan.
Purwokerto semakin besar setelah menjadi ibukota Karesidenan mengganti Banyumas sekitar tahun 1935an. Dan seiring dengan perubahan zaman dan pergolakan sosial politik masa itu berupa penggabungan kabupaten Purwokerto resmi menjadi ibukota kabupaten hasil penggabungan kabupaten Banyumas dan kabupaten Ajibarang pada tahun 1938 an .
Inilah Purwokerto yang hingga saat ini terus berkembang . 
Pada salah satu berita yang beredar bahwa ada usulan Wilayah Perkotaan Purwokerto tanpa sawah itu juga bagian dari pertumbuhan kota yang tak terhindarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…