Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 06 Juni 2016

Realisasi Pariwisata Banyumas Masih 45 Persen

Libur-Lebaran-Baturraden-ramai-dikunjungi-wisatawan-lokal-maupun-luar-daerah-Dimas-Radarmas

PURWOKERTO radarbanyumas – Sampai Mei 2016 ini, realisasi pencapain PAD di sektor pariwisata masih dikisaran 45 persen atau sekitar Rp 2 miliar dari total target mencapai Rp 4,5 miliar selama satu tahun. Untuk itu, Pemkab Banyumas bakal menggenjot realisasi PAD tersebut, terutama saat momen Ramadan dan Lebaran mendatang.
Kabid Pariwisata Dinporabudpar Banyamas, Deskart S Djatmiko menjelaskan pencapaian tersebut memang sudah sesuai target bulanan. Namun demikian, saat anggaran perubahan mendatang, kemungkinan target PAD bisa bertambah menjadi sekitar Rp 6,5 miliar. “Kalau dilihat ada peningkatan pada saat Lebaran mendatang, kemungkinan bisa naik. Namun kenaikannya belum bisa ditentukan. Namun biasanya segitu,” katanya.
Terkait target pencapaian saat lebaran mendatang, Djatmiko menargetkan pencapaian PAD dapat ditingkatkan sekitar 25 persen, mengingat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat libur Lebaran lokasi wisata di Banyumas selalu membludag. “Dengan adanya tambahan 25 persen itu, harapannya Juli nanti kita sudah mencapai 60 persen dari target realisasi di awal tahun,” tegasnya.
Untuk target jumlah kunjungan per tahunnya, pengunjung lokasi wisata di Banyumas memang selalu mengalami peningkatan. Tahun 2015 lalu, lanjutnya, tercatat ada sebanyak 450 ribu pengunjung selama setahun. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari beberapa wisata yang dikelola oleh pemerintah. “Saat Ramadan dan Lebaran nanti kita targetkan bisa mencapai 100 ribu pengunjung. Namun biasanya bisa lebih,” tegasnya.
Untuk persiapan, dia menjelaskan sudah melakukan koordinasi baik di internal, maupun lintas sektoral. Tidak hanya itu, koordinasi untuk pemasangan rambu penunjuk jalan dan rambu peringatan juga masih disiapkan di dalam lokasi wisata yang ada. “Kita juga sudah melakukan penjadwalan petugas yang nantinya akan stand by di beberapa titik lokasi wisata. Kita harapkan Banyumas dapat menjadi salah satu tujuan wisata warga baik Banyumas maupun luar Banyumas,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar