Entri yang Diunggulkan

Penataan Kota Kecamatan Wangon & Kemungkinan Perluasan Urban

Wangon adalah sebuah kota kecamatan yang lokasinya cukup strategis karena menjadi persilangan jalur utama lalu lintas di jalur selatan...

Kamis, 09 Juni 2016

Pasar Kaget Ramada Masjid Saka Tunggal Darussalam, Legok, Pekuncen

Puluhan Stan Ramaikan Pasar Kaget Ramada

 Suara Banyumas
Sedikitnya 33 stand pedagang kuliner turut serta meramaikan kegiatan Pasar Kaget di depan bangunan cagar budaya Masjid Saka Tunggal Darussalam, Legok, Desa/Kecamatan Pekuncen mulai Senin (6/6). Pasar Kaget yang diselenggarakan Kelompok Tadarus dan Wirausaha Darussalam tersebut merupakan pasar kuliner jilid VII.
Panitia kegiatan, Sismik Muindiarto mengatakan, Pasar Kaget Jilid VII ini diselenggarakan mulai pukul 14.00 -18.00. Melalui kegiatan inilah, pihaknya berharap dapat mendorong partisipasi pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) desa setempat. Apalagi seperti diketahui Desa Pekuncen juga menjadi desa penghasil sayur mayur, palawija dan sebagainya.
“Ini juga memfasilitasi bagi pedagang di Pasar Legok yang biasanya hanya bisa berjualan di pagi hari. Dengan adanya pasar dadakan selama Ramadan ini, kami berharap agar mereka mempunyai kesempatan untuk meningkatkan penghasilannya,” katanya.
Makanan Khas
Sejak dibuka Senin (6/6) kemarin, antusiasme warga dari desa setempat dan tetangga desa juga sangat tinggi. Ratusan warga hadir menyerbu stand-stand pedagang kuliner.
Apalagi ada pedagang yang menyajikan makanan khas Ramadan dan Pekuncen. “Panitia hanya sifatnya memfasilitasi kegiatan ini. Adapun tiap stand memang kami tarik iuran pedagang untuk sewa tratag dan sebagainya selama sebulan.
Jadi ini semata-mata untuk kepentingan umat,” katanya. Camat Pekuncen, Ruswanto yang membuka acara tersebut juga mendorong agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan. Karena melalui kegiatan ini, warga dapat terfasilitasi untuk menangkap peluang ekonomi.
Warga lainya juga dengan mudah memanfaatkan arena Pasar Kaget untuk mencari makanan. Selain di Desa Pekuncen, gelaran kegiatan ekonomi serupa Pasar Kaget juga dilaksanakan hidup di wilayah desa lainnya termasuk Desa Pasiraman Kidul.
Melalui kreativitas warga inilah, momen Ramadan menjadi momen meraih keuntungan dunia dan akhirat sekaligus. “Kami sangat mengapresiasi hal tersebut, apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan secara tertib dan aman,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar