Langsung ke konten utama

Wisatawan Menyukai Edukasi Seni dan Budaya

Menggagas Paket Wisata di Banyumas Barat 
BILA Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas dan biro perjalanan wisata masih kebingungan menyusun paket wisata Banyumas bagian barat, lain ceritanya dengan pengelola Taman Belajar Anak ‘’Oemah Bedjo”.
Sanggar seni budaya dan wisata edukasi di Desa Randegan, Kecamatan Wangon ini justru menerima kunjungan dari warga negara asing secara rutin.
Septo Pandu Gunawan, pengelola Oemah Bedjo menuturkan, kunjungan wisatawan merupakan salah satu kegiatan yang dikemas dalam paket wisata. Sejak tahun 2014, secara perlahan paket ini mulai diminati oleh wisatawan asing.
“Biasanya dalam satu bulan ada dua sampai tiga kali kunjungan wisatawan asing yang datang secara perorangan. Mereka menginap paling lama sepekan di Oemah Bedjo,” ujarnya, Rabu (26/4).
Sejak berdiri tahun 2014 lalu hingga saat ini, wisatawan yang sudah pernah mencicipi suasana Desa Randegan berasal dari Belanda, Jerman, Malaysia, dan Singapura.
Kebanyakan mereka tertarik untuk mempelajari seni budaya seperti tari lengger, ebeg, gamelan dan kegiatan masyarakat sehari-hari.
Jejaring Dunia Maya
Apabila ada kegiatan tradisi atau pentas di luar desa, Septo pun tak segan mengajak tamunya ikut menonton. Seperti waktu berkunjung ke Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo tempo hari.
“Sekarang untuk kunjungan wisata sedang saya liburkan, karena seniman dan anak didik Oemah Bedjo disibukkan dengan jadwal pentas seni di beberapa kota,” katanya.
Septo mengaku, para wisatawan tersebut mendapatkan informasi tentang Oemah Bedjo dan berlibur di Desa Randegan melalui jejaring di dunia maya. Dia juga membuka layanan antar jemput dari stasiun atau terminal Purwokerto.
Meski terbilang nekat, peraih gelar Terbaik III Penghargaan Pemuda Pelopor Nasional 2015 ini tetap menekuni dunia wisata dan budaya. Idenya untuk membentuk Desa Wisata Randegan merupakan salah satu keinginan yang belum terwujud.
“Tidak perlu banyak berpikir. Ada potensi dan memaksimalkan sumber daya yang ada ya, saya berani bikin paket wisata,” tuturnya.
Sementara itu, penyedia jasa kereta wisata di Kecamatan Wangon, Giatno (43), mengatakan, odong-odong yang dikelolanya sudah terbiasa berkeliling ke pelosok desa di Kecamatan Wangon, Lumbir hingga Gumelar.
Meski pelanggannya kebanyakan anak-anak, dia mengaku tak keberatan apabila diminta untuk membawa wisatawan dewasa. “Sudah biasa kok.
Pas kebetulan lagi ada acara di Cikakak, ya saya kesini mencari penumpang kereta,” ujarnya. Agar lebih menarik, pria paruh baya ini menyematkan tulisan kereta wisata di bodi odongodong termasuk lukisan berwarna-warni.
Ketua Aliansi Pariwisata Banyumas (APB), Muslimin, mengatakan, odong-odong yang digunakan sebagai kereta wisata bisa menjadi kendaraan alternatif bagi pengunjung.
Hal itu justru menjadi keunikan tersendiri untuk paket wisata di wilayah Banyumas Barat. “Untuk akses masuk ke beberapa objek di sini memang sempit. Kalau bus besar tentu kesulitan. Jadi bisa pakai odong-odong,” ucapnya.
sumber Suara Merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

JNE Resmikan Wangon Gateway

Tingkatkan Kecepatan Layanan JNE Resmikan Wangon Gateway
Salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus memperkuat berbagai sektor salah satunya infrastruktur dan jaringan. Selain di Bandung, telah mengoperasikan Jakarta Gateway, Surabaya Gateway dan Wangon Gateway. Perluasan infrastruktur pun tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga dilakukan di JNE Medan dan Kantor Perwakilan baru JNE di Batam. Selanjutnya Gateway Makasar .

Peresmian JNE Gateway Wangon (Foto : Edi Romadhon)

















:  Demi meningkatkan kecepatan layanan pengiriman bagi customer, JNE melakukan penambahan infrastruktur. Realisasi dari penambahan infrastruktur tersebut adalah pembangunan Wangon Gateway yang berlokasi Jl Raya Klapagading Rt 04 Rw 08 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE, dalam sambutannya menyampaikan, setelah peluncuran 7 produk di bulan Februari 2016 yang lalu, pembukaan Gateway Wangon merupakan salah satu wujud pengembangan i…