Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Senin, 03 April 2017

Banyumas Agro Expo













foto credit to Igun Tri


Pemkab Banyumas mendorong bangkitnya kembali gerakan hijaukan lingkungan rumah melalui budi daya pertanian model hidroponik. Pasalnya, sejak tahun 2005, budi daya pertanian, seperti tanaman hias, tanaman keras, buah-buahan dan sayuran sempat sepi. Namun sekarang mulai mengeliat lagi.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Banyumas Tjutjun Sunarti Rochidie mengatakan, kegiatan agro expo sudah lama tenggelam sejak 2005 lalu. Sebelumnya hampir tiap waktu ada pameran dan expo. Ini menandakan, animo masyarakat untuk melakukan budi daya kembali tumbuh.
“Sekarang mulai tumbuh lagi dan masyarakat memang butuh informasi perkembangan pertanian, termasuk budi daya hidroponik yang saat ini sudah banyak dilakukan warga,” katanya, saat pembukaan Banyumas Agro Expo 2017, di halaman Sanggar Pramuka Purwokerto, Minggu (2/4). Tjuntjun mengatakan, banyak dari masyarakat yang menginginkan pelatihan untuk budi daya tanaman hias, buah-buahan maupun sayursayuran model hidroponik.
Pihaknya akan menggandeng berbagai pihak yang bersedia menfasilitasi pelatihan. Jika kegiatan seperti ini terus berkembang di masyarakat, pihaknya siap memberikan dukungan, misalnya membantu untuk legalisasi produk dan membuka jaringan kemitraan dengan yang lain.
Menurutnya, saat ini sudah ada gerakan PKK untuk tanam cabai di lingkungan rumah masing-masing. Ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi. Hal ini untuk mengimbangi naiknya harga cabai, sekaligus untuk memasyarakatkan bahwa setiap anggota keluarga PKK minimal harus memiliki atau budi daya 10 jenis sayuran.
Bisnis Sampingan
Ketua Yayasan Hidroponik Banyumas (YHB), Adi Gondrong mengatakan, pihaknya siap memberikan pelatihan secara terus menerus kepada semua elemen masyarakat dan khususnya ibu-ibu PKK. Karena usaha budi daya ini, jika ditekuni dan ditangani dengan baik, tidak semata sebagai hobi dan memenuhi kebutuhan sayuran keluarga secara haian, namun bisa untuk usaha bisnis sampingan.
“Minat pasar sangat tinggi, khususnya permintaan dari dunia perhotelan, supermarket, restoran dan rumah makan,” kata dia mencontohkan permintaan sayuran kangkung sehari bisa sampai 1 kuintal lebih.

Pelatihannya, katanya sekaligus praktik di kebun yang sudah disediakan di Langentirto Pabuaran. Pelatihan tersebut tidak akan dikomersialisasikan, karena tujuannya adalah untuk gerakan hijua Banyumas, yakni lingkungan dan pekarangan rumah penuh dengan tanaman sayuran dan buah-buahan hidroponik.
“Kita tarik peserta uang akomodasi Rp 100.000, itu untuk pelatihan 8 jam, sudah ada makan minum dan pulang bisa membawa oleh-leh sayur-sayuran,” katanya. Bupati Achmad Husein saat membuka pameran tanaman yang digelar Perhimpunan Pecinta Tanaman Banyumas, mengatakan, lingkungan rumah saat ini semakin sempit, sehingga harus berinovasi agar lingkungan tetap nyaman dengan tanaman.
ìBahkan dengan budi daya melalui hidroponik sayuran dan tanaman menjadi alternatif yang positif karena keterbatasan lahan,” kata Bupati . Bupati berharap pada pameran ini dapat menggairahkan kembali, kebiasaan menanam dan merawat tanaman bagi masyarakat. Sehingga para petani dan pengembang tanaman dapat keuntungan yang lebih baik.
Panitia expo, Edi Daryono mengungkapkan pameran diikuti puluhan pecinta dan pengembang tananam hias, tanaman keras, petani dan pedagang lapak dan online. Dengan tujuan sebagai upaya silaturahmi petani dan pedagang tanaman di Banyumas. Selain pameran juga ada festival dan kontes tanaman. Seperti kontes bonsai, aglonema dan lain sebagainya.
“Selama tidak ada kegiatan semacam ini para kolektor tanaman hias khususnya bonsai, enggan untuk merawat tanamannya. Sehingga tanaman yang bertahun-tahun dirawat kadang mati tidak terurus. Adanya kontes tentu menjadi wahana bagi mereka memperlihatkan karyanya kepada kalayak,î katanya.
sumber Suara Merdeka

1 komentar:

  1. Saya akan sangat mengesyorkan perkhidmatan pembiayaan meridian Le_ kepada sesiapa yang memerlukan bantuan kewangan dan mereka akan membuat anda berada di atas direktori tinggi untuk sebarang keperluan selanjutnya. Sekali lagi saya memuji diri anda dan kakitangan anda untuk perkhidmatan dan perkhidmatan pelanggan yang luar biasa, kerana ini merupakan aset yang hebat untuk syarikat anda dan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan seperti saya sendiri. Mengharapkan anda semua yang terbaik untuk masa depan. Perkhidmatan pembiayaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email..lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bercakap dengan Encik Benjamin Pada WhatsApp Via_ 1-989-394-3740 Terima Kasih untuk membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dengan sepenuh hati saya bersyukur selama-lamanya.

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...