Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 29 Maret 2017

Potensial Produk Kambing Etawa Gumelar

Permintaan Susu Kambing Meningkat

Permintaan susu kambing etawa dari konsumen kini mulai meningkat. Hal ini menuntut para peternak untuk mengoptimalkan produksi guna memenuhi permintaan konsumen.
Menurut peternak kambing etawa Gumelar, Ruswoyo, saat ini para pecinta susu kambing etawa sudah banyak. Apalagi susu kambing etawa memiliki banyak kelebihan. Selain nikmat, susu kambing etawa dapat dikonsumsi orang dewasa untuk terapi pengobatan seperti asma, liver, kencing manis dan diabetes.
” Sekarang konsumen dari wilayah eks Karesidenan Banyumas sudah bertambah banyak,” katanya, kemarin. Petani kambing etawa lainnya, Tjarsam beberapa waktu lalu juga mengatakan, pemasaran susu kambing etawa milik para petani Gumelar selain di pasarkan di wilayah Banyumas, juga ke luar kota, seperti Jakarta, Tegal dan Bandung. Produksi susu kambing etawa di wilayah Kecamatan Gulemar untuk rata-rata berkisar antara 5-25 liter per hari.
Harga susu kambing di tingkat peternak berkisar Rp 25.000 per liter. Susu kambing sudah dikemas dengan apik menggunakan plastik, bahkan sebagian mereka sudah memakai merek sendiri beserta keterangan manfaat yang terkandung dalam susu kambing.
”Peternak tetap mengutamakan kualitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen yang telah menjadi pelanggan setia peternak. Susu ini bisa diminum masyarakat untuk keseharian maupun untuk penyembuhan penyakit,” kata Ruswoyo.
Ia juga mengatakan, saat ini peternak mulai menambah indukan kambing etawa supaya produksi susu dapat dioptimalkan. ”Rencana ke depan kami akan menambah jumlah ekor kambing serta mengembangkan pasar ke luar kota,” ujar dia.
sumber Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar