Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 30 Maret 2017

Pengembangan Wisata Serayu Terganjal Perizinan

Pengembangan Wisata Serayu Jalan di Tempat

Quote:
Wacana pengembangan wisata air Serayu River Voyage sampai saat ini jalan di tempat. Pengembangan wisata yang digagas Pemkab sejak 2007 lalu itu masih terkendala perizinan.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Banyumas, Didi Rudwiyanto, mengatakan wacana pengembangan wisata air yang digadang-gadang menjadi salah satu objek wisata unggulan itu belum dapat terealisasi. “Kami punya program untuk mengembangankan potensi di aliran Sungai Serayu.

Tidak hanya untuk pengembangan perikanan dan penambangan, tapi juga untuk pariwisata. Namun sampai saat ini izinnya belum keluar,” katanya, kemarin.

Salah satu yang menjadi ganjalan ialah izin penggunaan tanah milik negara untuk pembuatan dermaga. Menurut rencana Pemkab akan membuat beberapa dermaga di sepanjang alir Sungai Serayu, yang melintasi Kecamatan Somagede, Patikraja dan Kebasen. “Kami rencananya membangun dermaga di Somagede, Banyumas dan Patikraja.

Dermaga itu akan dibangun di tanah milik negara. Rencana pembangunan itu belum dapat dilaksanakan karena belum ada izinnya,” jelas dia. Dia berharap wacana pengembangan wisata air itu dapat segera teralisasi. Menurut dia pengembangan wisata itu dapat menekan potensi kerusakan aliran Sungai Serayu akibat aktivitas penambangan liar.

“Dengan pengembangan Serayu River Voyage, diharapkan penambang liar yang biasa beroperasi di Sungai Serayu beralih profesi menekuni industri pariwisata. Sehingga kekhawatiran kerusakan akibat penambangan liar tidak terjadi,” ujar dia. Sementara itu, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Tri Bayu Aji, menyatakan mendukung penuh gagasan dari Pemkab Banyumas.

Pihaknya saat ini masih melakukan kajian usulan pembangunan dermaga. “Saya rasa idenya sangat menarik, kami akan mendukung (pengembangan wisata). Saat ini kami sedang mengkaji usulan pembangunan dermaga, jangan sampai keberadaaan demaga itu menggaggu aliran sungai,” kata dia.
sumber Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar